Implementasi Model Atik Untuk Mengembangkan Keterampilan Pra Menulis Dengan Media Pasir dan Tepung di Kelompok Bermain Ceria Pandaan

Enny Purwanti, Sri Watini

Abstract


Keterampilan menulis merupakan suatu keterampilan yang dibutuhkan seorang anak dalam kemampuan berbahasanya untuk berkomunikasi secara tidak langsung kepada orang lain. Untuk bisa memiliki keterampilan menulis anak harus menguasai keterampilan pra menulis terlebih dahulu. Keterampilan pra menulis yang disebut juga kesiapan untuk menulis adalah seperangkat keterampilan dasar yang harus dikembangkan dan dikuasai anak sebelum menulis. Keterampilan ini berkontribusi pada kemampuan anak untuk memegang dan menggunakan pensil, menggambar, menulis, meniru bentuk, mewarnai dan menulis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan keterampilan pra menulis anak dengan penerapan model ATIK (Amati-Tiru-Kerjakan) pada kegiatan pra menulis dengan media pasir dan tepung. Jenis dan metode penelitian yang dipakai adalah penelitian deskriptif kualitatif yang pengambilan datanya diperoleh melalui observasi, studi dokumentasi, serta wawancara. Hasil dari data penelitian menunjukkan bahwa implementasi model ATIK untuk mengembangkan keterampilan pra menulis dapat memotivasi anak untuk belajar pra menulis dengan menyenangkan dan terlihat adanya capaian perkembangan yang baik dan berkembang sesuai harapan dalam keterampilan pra menulisnya.

Keywords


Model ATIK, Keterampilan Pra menulis, Pendidikan Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References


Ariesta, Freddy W. 2021. Implementasi Teori Belajar Sosial Dalam Pandangan Albert Bandura dan Lev Vygotsky. https://pgsd.binus.ac.id/2021/07/08/implementasi-teori-belajar-sosial-dalam-pandangan-albert-bandura-dan-lev-vygotsky/ 08 Juli 2021

Asmani, Jamal M. 2009. Manajemen Strategis Pendidikan Anak Usia Dini. Jogjakarta : Diva Press.

Beaty, Janice.J. 2013. Observasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta : Kencana Prenadamedia Group

Budi, Anindhita. 2019. 5 Latihan yang Perlu Dilakukan agar Balita siap Belajar Menulis. https://www.popmama.com/kid/4-5-years-old/anindita-budhi/latihan-agar-anak-siap-belajar-menulis. 15 September 2019.

Gracia, Anne & Watini, Sri. 2022. Peningkatan Kognitif melalui Literasi Numerik dan Saintifik dengan Metode Atik pada Kegiatan Cat Air di TK Mutiara Lebah. Vol. 5 No. 2 (2022): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/467 18 Februari 2022.

Hurlock, Elizabeth. 1981. Child Development-Sixth Edition-International Student Edition. Tokyo : McGraw-Hill International Book Company.

Hurlock, Elizabeth. 1986. Developmental Psychology. – A Life Span. TMH Edition. New Delhi : Tata McGraw-Hill Publishing Company LTD.

Kartika, Diah . 2019. Peningkatan Keterampilan Pra Menulis Anak Usia 4 – 5 Tahun Melalui Bahan Serbuk Kayu di TK ABA Tanjungsari. http://lib.unnes.ac.id/33857/1/1601413113_Optimized.pdf .

Desember 2019

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015. Petunjuk Teknis Penyelenggaraa Kelompok Bermain, Norma, Standar, Prosedur, Dan Kriteria. JakartA Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. http://repositori.kemdikbud.go.id/12881/1/2.-Juknis-Kelompok-Bermain.pdf

Putra, N. & Dwilestari, N. 2013. Penelitian Kualitatif PAUD Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada.

Siantajani, Y. 2020. Loose Parts : Material Lepasan Otentik Stimulasi PAUD. Semarang: PT Sarang Seratus Aksara.

Watini, Sri. 2020. Pengembangan Model ATIK untuk Meningkatkan Kompetensi Menggambar pada Anak Taman KanakKanak. Jurnal Obsesi Vol. 5 Issue 2 (2021)https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/899.

Desember 2020.

Watini, Sri ;Aini, Qurotul; Hardini, Marviola; Rahardja, Untung (et al.). 2020. Drawing Competency Development Using the ATIK Model in Kindergarten (TK), Vol. 63 No.2s (2020) http://solidstatetechnology.us/index.php/JSST/article/view/3117

Watini, Sri dan Devana, Viola T. 2021. Teori Kuantum Baru yang SesuaiSains dan Teknologi dengan Kaidah Ilmu Islam. Vol 2 No 1 Juni (2021): ADI Bisnis Digital Interdisiplin https://adi-journal.org/index.php/abdi/article/view/450/391




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.3.1673-1680.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id