Pemanfaatan TV Sekolah Sebagai Media Promosi Rumah Pintar Adiba Palembang

Dewie Hartati Handayani, Sri Watini

Abstract


Penelitian ini membahas tentang pemanfaatan TV Sekolah yang digunakan sebagai media promosi. Secara lebih utuh penelitian ini melakukan komparasi antara promosi yang dilakukan dengan model konvensional dengan promosi yang dilakukan dengan media TV Sekolah. Penelitian dilaksanakan di lembaga pendidikan non formal Rumah Pintar adiba (RPA) Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan sebuah fenomena yang menjadi objek penelitian. Metode pengambilan data dilakukan dengan teknik: 1. Observasi 2. Wawancara 3. Dokumentasi terhadap guru RPA, orang tua siswa. Hasil penelitian selanjutnya menunjukkan bahwa pemanfaatan TV sekolah dapat memberikan efek positif terhadap Rumah Pintar Adiba. Efek positif ini ditunjukkan ke dalam dua bentuk, yakni: Pertama, penambahan jumlah siswa sekitar 100-200 %. Kedua, ketertarikan orang tua terhadap promosi TV sekolah yang disajikan oleh RPA. Dalam hal ini orang tua menberikan respon positif dengan tayangan TV Sekolah Rumah Pintar Adiba yang mampu mengilustrasikan perkembangan belajar anaknya, sehingga umumnya mereka mendorong anaknya belajar di RPA dan turut mempromosikan RPA ke pihak luar. Dengan demikian peneliti menyimpulkan TV sekolah dapat menjadi sarana efektif bagi promosi RPA.

Keywords


TV Sekolah, Media Promosi, Pendidikan Non Formal

Full Text:

PDF

References


Furchan, Ahmad. 2004. Pengantar Pendidikan dalam penelitian, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

https://id.m.wikipedia.org

Kemendikbud. (2020). Dampak Covid-19 Bagi Pendidikan. Jakarta : Kemendikbud

Latifah, I., & Watini, S. (2022). Peran TV Sekolah sebagai Alternatif Media Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ ) pada TKIT Al Hikmah. 5(2014), 602–606.

Maldino, Sharon E., Lowthter, Deborah L., Russel, James D. (2011). Instructional Technology and Media for Learning: Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar. (Alih bahasa: Arif Rahman). Jakarta: Kencana

Parlindungan, D. P., Mahardika, G. P., & Yulinar, D. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Video Pembelajaran dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di SD Islam An-Nuriyah. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1(1).

Rahmawati, Oom & Sri Watini, 2022. Pemanfaatan Tv Sekolah Sebagai Media Pembelajaran Dan Pendidikan Karakter Anak Usia Dini, Jurnal Pelita PAUD, 6(1), 196-207.

Syah, hidayat. 2010, Pengantar Umum Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Verivikatif, Pekan Baru: Suska Press.

Suwardi, Fitri Laila & Sri Watini, (2022). “Implementasi Siaran TV Sekolah Sebagai Media Informasi Efektif di LKP Fitri Pandeglang” AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Non Formal.

Watini, Sri. dkk. HKI Kemenhumkam atas nama Sri Watini, Dkk dengan nomor pencatatan 000224874 tertanggal 1 Juli 2020 diterbitkan di Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.3.1667-1672.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id