Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Meningkatkan Jiwa Kewirausahaan Siswa Pada SMK Negeri 6 Merangin

Jedinasrul Jedinasrul, Waskito Waskito, Ambiyar Ambiyar, Elfizon Elfizon

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan kekuatan hubungan antara penerapan  pembelajaran Pembelajaran Berbasis proyek dan jiwa kewirausahaan siswa, hubungan antara Pelaksanaan Unit Produksi dan jiwa kewirausahaan siswa serta kontribusi penerapan  pembelajaran berbasis proyek dan pelaksanaan unit produksi dapat meningkatkan  semangat dan jiwa kewirausahaan siswa. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh  yang positif antara penerapan pembelajaran berbasis proyek terhadap semangat kewirausahaan siswa. Dari hasil uji t terlihat bahwa thit>ttabel atau 2,119 >  2,0687, dan nilai sinifikasi hitung 0,045< 0,05. Pengaruh  yang positif antara pelaksanaan unit produski terhadap semangat kewirausahaan siswa bahwa thit>ttabel atau 2,451  > T 2,0687, dan nilai signifikasi hitung 0,022 < 0,05. Pengaruh  yang positif antara pembelajaran berbasis proyek dan pelaksanaan unit produski terhadap semangat kewirausahaan siswa. Dari hasil uji F terlihat bahwa nilai  F hitung lebih besar dari F tabel dimana nilai  Ftabel = 3,40.


Keywords


Project Based Learning; Jiwa Kewirausahaan

Full Text:

PDF

References


Andriani, Y., Fitria, H., & Martha, A. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Inovatif Pada SMP Negeri 8 Prabumulih. JPT: Jurnal Pendidikan Tematik, 243–252. https://www.siducat.org/index.php/jpt/article/view/134

Nawawi, M. R. (n.d.). Meningkatkan Kemampuan Kreatifitas Siswa Melalui Video by design Pada Mata Pelajaran PAI di SMKN 2 Tangerang Selatan. FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Rahman, A., & Sukri, M. (2021). no - Pembangunan Instrumen Karakter Kreatif Pelajar Pendidikan Teknikal Dan Latihan Vokasional (TVET). Anp Journal of Social Science and Humanities, 2(2), 112–122. https://doi.org/10.53797/anp.jssh.v2i2.16.2021

Setyawan, R. I., Purwanto, A., & Sari, N. K. (2019). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Dikdas Bantara, 2(2), 81–93. https://doi.org/10.32585/jdb.v2i2.372

Wibowo, N. (2016). Upaya Memperkecil Kesenjangan Kompetensi Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan dengan Tuntutan Dunia Industri. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 23(1), 45. https://doi.org/10.21831/jptk.v23i1.9354

Yuniarti, Y. (2021). Project Based Learning sebagai Model Pembelajaran Teks Anekdot Pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 73–81. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/jpbsi/article/view/17795%0Ahttp://jurnal.unissula.ac.id/index.php/jpbsi/article/viewFile/17795/6343




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.3.1815-1822.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id