Pengaruh Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Produk Kreatif Dan Kewirausahaan di SMK Negeri 1 Mandau

Enawisnat Enawisnat, Ambiyar Ambiyar, Nizwardi Jalinus, Waskito Waskito

Abstract


This study aims to improve learning activities and student learning outcomes of XI Welding Engineering SMK Negeri 1 students in the subjects of Creative Products and Entrepreneurship by using the Project Based Learning model. This classroom Action Research was carried out in two cycles. The research subjects were students of XI Welding Engineering at SMK Negeri 1 Mandau in the subjects of Creative Products and Entrepreneurship. Research data were collected by observation for learning activities and direct observation using project assessments for learning outcomes. The research subjects were 29 people. The data collected were analyzed by the percentage technique. The results of student learning research increased from 83% complete and 17% incomplete in the first cycle to 100% in the second cycle. For learning activities, there was an increase from 79.31% in the first cycle to 85.79% in the second cycle.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa XI Teknik Pengelasan SMK Negeri 1 pada mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan dengan menggunakan model Project Based Learning. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa XI Teknik Pengelasan SMK Negeri 1 Mandau pada mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan. Data penelitian dikumpulkan dengan observasi untuk aktivitas belajar dan pengamatan langsung menggunakan penilaian proyek untuk hasil belajar. Subjek penelitian berjumlah 29 orang. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik persentase. Hasil penelitian belajar siswa meningkat dari 83% tuntas dan 17%  tidak tuntas pada siklus I  menjadi 100% pada siklus II. Untuk aktivitas belajar terjadi peningkatan dari 79,31% pada siklu I meningkat menjadi 85,79% pada siklus II. 


Keywords


Project Based Learning, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2012). Dasar-dasar evaluasi pendidikan edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.

Deka Setiawan, B. P. S. U. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Circuit Learning Berbantuan Papel Interaksi Pada Tema Lingkungan Sahabat Kita Kelas V Sdn 03 Pancur. Jurnal Bina Ilmu Cendekia, 2(No 1), 54–68. http://jurnal.icjambi.id/index.php/jbic/article/view/23

Etistika Yuni Wijaya, Dwi Agus Sudjimat, & Amat Nyoto. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan. Jurnal Pendidikan, 1, 263–278. http://repository.unikama.ac.id/840/32/263-278 Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global .pdf. diakses pada; hari/tgl; sabtu, 3 November 2018. jam; 00:26, wib.

H Kara, O. A. M. A. (2014). Analisis Pengembangan Program Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Dalam Meningkatkan Kualitas Dan Ketahanan Sumber Daya Manusia Guna Menghadapi Megatren Abad Ke 21. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 7(2), 107–115.

Harta, L. I. (2019). Implementasi pendidikan karakter di Era 4.0 melalui pendidikan jasmani dan olahraga di Sekolah. Prosiding SENFIKS, 1(1), 66–73.

Ifianti, T., & Fitriani, E. (2022). ALFABETA : Jurnal Bahasa , Sastra , dan Pembelajarannya Drama dalam Pembelajaran Bahasa Inggris : Tantangan dan Harapan. 2587, 10–18.

Irawan, H. (2021). Peran Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Organisasi. JUSIE (Jurnal Sosial Dan Ilmu Ekonomi), 6(01), 29–38. https://doi.org/10.36665/jusie.v6i01.414

Pujiasih, E. (2020). Membangun Generasi Emas Dengan Variasi Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 42–48. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.136

SUARDINATA, I. K. (n.d.). Unit Kegiatan Belajar Mandiri Jitu Pembelajaran Daring Bermutu Di Masa Pandemi. STRATEGI, 59. https://doi.org/https://jurnalp4i.com/index.php/strategi/article/view/287

Sucidamayanti, N. P. W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (Nht) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips. Journal of Education Action Research, 1(3), 184. https://doi.org/10.23887/jear.v1i3.12683




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.3.1785-1794.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id