Implementasi Blended Learning Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Mahasiswa Keperawatan Di Masa Pandemi Covid-19

Mareyke Y.L. Sepang, Vina Putri Patandung, Ignatia Y. Rembet, Francilia P. Gareso

Abstract


Pandemi Covid-19 menyebabkan berbagai kegiatan dari berbagai sektor mengalami perubahan akibat penyebaran virus yang massif, salah satunya yaitu pendidikan. Proses belajar yang semula biasa diadakan di kelas harus berganti menjadi pembelajaran secara daring sesuai dengan kebijakan pemerintah terkait proses pembelajaran. Maka dari itu diperlukan kegiatan pendampingan belajar dengan menerapkan model pembelajaran yang memadukan pembelajaran tatap muka dan pembelajaran daring yang dikenal dengan istilah blended learning. Bentuk pembelajaran ini memungkinkan mahasiswa untuk dapat belajar secara efektif dan efisien, mampu meningkatkan kemandirian, dan mudah dalam memahami materi karena kegiatan belajar merupakan gabungan dari pembelajaran daring dan luring (tatap muka). Presentase jawaban atas kuesioner dengan responden setuju dengan nilai tertinggi yaitu sebesar 67,2%, yang menunjukan bahwa pembelajaran blended learning menarik perhatian mahasiswa dan penggunaan blended learning dapat meningkatkan kemandirian belajar mahasiswa.


Keywords


Blended Learning, Kemandirian Belajar

Full Text:

PDF

References


Destiana, Irna Dwi., Rahayu, Wiwik Endah., Mukminah Nurul, Y. O. (2019). Penerapan

Model Blended Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa

Argoindustri Politeknik Negeri Subang. EDUFORTECH, 4(2).

https://doi.org/https://doi.org/10.17509/edufortech.v4i2.19371

East Coast Polytechnic Institute. (2022). What is the Role of a Student Nurse While

They’re Learning?

Escolar-llamazares, M. (2020). Effectiveness of Blended Learning in Nursing Education.

International Journal of Blended Learning in Nursing Education, 17(5).

https://doi.org/https://doi.org/10.3390/ijerph17051589

Fadillah, M. I., & Dewi, S. (2019). Implementasi kebijakan pengembangan kompetensi

teknis berbasis e-learning (study kasus penyelenggaraan management of training).

Konferensi Nasional Ilmu Administrasi.

Imtikhani, Lailatul, Arrazi, Rifki Maulana Al Amjad, M. D. (2020). Peran pendampingan

belajar blended learning di masa pandemi covid-19 untuk siswa sekolah dasar.

Lawinsider.com. (2020). Nursing student definition.

Lestari, P. B., & Hartati, T. A. W. (2020). Respon Mahasiswa dalam Pembelajaran

Blended Learning pada Matakuliah Ilmu Gizi. Prosiding Seminar Nasional IKIP

Budi Utomo, 01(01), 557–562.

https://doi.org/https://doi.org/10.33503/prosiding.v1i01.1117

Mariani, A. (2020). Implementasi Perkuliahan Secara Blended Learning dalam

Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana

UNNES. Retrieved from

https://scholar.google.com/scholar?hl=en&as_sdt=0%2C5&q=implementasi+perku

liahahn+secara+blended+learning+dalam+peningkatan+kualitas+pembelajaran&bt

nG=

Marlina, E. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning Berbantuan

Aplikasi Sevima Edlink. Jurnal Padegogik, 3(2), 104–110.

Pramana, C., Handayani, O. W. K., Raharjo, T. J., & Rahayu, S. R. (2022). Nursing

Students ’ Perceptions and Acceptance of Online Learning during the COVID-19

Pandemic in Indonesia. Macedonian Journal of Medical Sciences, 10(G), 183–188.

https://doi.org/https://doi.org/10.3889/oamjms.2022.8329

Sáiz-Manzanares, M. C., Escolar-Llamazares, M.-C., & González, A. A. (2020).

Effectiveness of blended learning in nursing education. International Journal of

Environmental Research and Public Health, 17(5), 1589.

https://doi.org/https://doi.org/10.3390/ijerph17051589

Sari Annisa Ratna. (2013). Strategi Blended Learning untuk Peningkatan Kemandirian

Belajar dan Kemampuan Critical Thinking Mahasiswa di Era Digital. Jurnal

Pendidikan Akuntansi Indonesia, 11(2), 32–43.

https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpai.v11i2.1689

Sastraasmoro, S., & Ismael, S. (2011). Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Klinis (4th

ed.). Jakarta: CV Sagung Seto.

Sutisna, A. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning pada

Pendidikan Kesetaraan Program Paket C dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar.

Jurnal Teknologi Pendidikan, 18(3), 156–168.

https://doi.org/https://doi.org/10.21009/jtp.v18i3.5373

Wahyuni, Rahmi., dan N. (2019). Kemandirian Belajar Mahasiswa melalui Blended

Learning pada Mata Kuliah Matematika Ekonomi. Jurnal Ilmiah Pendidikan

Matematika AL-QALASADI, 3(2), 76–81.

https://doi.org/https://doi.org/10.32505/qalasadi.v3i2.1365

Wahyuni, R. (2015). Peningkatan Kemandirian Belajar Siswa Melalui Penerapan Model

Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS). Jurnal Pendidikan Almuslim.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.2.1399-1406.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id