Pengaruh Penggunaan Aplikasi Zoom Cloud Meeting Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Membaca Siswa Kelas I SD Negeri 006 Tarakan

Rismawati Rismawati, Donna Rhamdan, Ady Saputra

Abstract


Penelitian ini mendeskripsikan pengaruh penggunaan aplikasi Zoom Cloud Meeting sebagai Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Membaca Siswa Kelas I SD Negeri
006 Tarakan. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Kuantitatif Eksperimen. Populasi penelitian yakni siswa kelas I SD Negeri 006 Tarakan dan sampel diambil
menggunakan Purposive Sampling dari kelas I C berjumlah 28 siswa pada semester ganjil Tahun Ajaran 2021-2022. Teknik pengumpulan data penelitian ini diambil menggunakan angket, observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh signifikan antara penggunaan aplikasi Zoom Cloud Meeting sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar membaca siswa kelas I SD Negeri 006 Tarakan dengan persamaan regresi Y = 5,918 + 0,994X, dimana signifikansi hubungan ditunjukkan oleh thitung 5,998 > ttabel 2,056. Dari hasil uji koefisien korelasi diperoleh 0,762 menunjukkan bahwa antara penggunaan aplikasi zoom cloud meeting sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar membaca siswa kelas I SD Negeri 006 Tarakan berada pada skala hubungan kuat. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi didapatkan hasil adalah 58,1 % sedangkan sisanya 41,9 % dipengaruhi oleh variabel lain. Hal tersebut menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara penggunaan aplikasi Zoom Cloud Meeting sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar membaca siswa kelas I SD Negeri 006 Tarakan.


Keywords


Media Pembelajaran, Membaca

Full Text:

PDF

References


Admadianti, T.N, Irfa, A.M. 2016. Pengembangan Modul Teknologi Mekanik Untuk

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X. Jurnal Pengembangan Modul

Pembelajaran Teknologi Mekanik. 5 (2) (Online) diakses Pada Tanggal 25

Juni 2021

Anufia, B., & Alhamid, T. 2019. Instrumen Pengumpulan Data. Sekolah Tinggi Agama

Islam Negeri (STAIN). Sorong

Asiah, N. 2020. Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Cepat Melalui Strategi

Skimming Vs Scanning Pada Siswa Kelas V Mis AT-THAWAF Medan

Marelan. (Online) diakses Pada Tanggal 20 Juni 2020

Bua, M. T., Santoso, A., & Hasanah, M. (2016). Analisis Minat Membaca Permulaan

dengan Cerita Bergambar di Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan:

Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(9), 1749-1752.

Kristin, F. 2016. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD ditinjau dari

Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 4 SD. Scholaria. 6 (2) (Online) diakses

Pada Tanggal 12 Mei 2021

Kurniawan, S. 2020. Penerapan E-Learning Melalui Aplikasi Zoom Pada Mata

Pembelajaran PAI di Masa Pandemic Covid-19. Skripsi. Universitas

Islam Negeri Raden Intan Lampung. Lampung. Dipublikasikan

Martono, N. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif (Analisis Isi dan Analisis Data

Sekunder). Jakarta: Raja Grafindo Persada

Nasution, S. 2017. Variabel Penelitian. Raudhah. 05 (02). 1-9

Nurhasanah, S & Sowandi, A. 2016. Minat Belajar Sebagai Determinan Belajar Siswa.

Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. 1(129) (Online) diakses Pada

Tanggal 15 Januari 2021

Rhamdan, D., Rindi, A. S. H., & Iting, A. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran

Interaktif Power Point Pada Materi Keseimbangan Ekosistem Dalam

Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VI di SDN 016 Tarakan.

Jurnal Borneo Humaniora, 3(1), 35-42.

Rismawati, R., Andari, K. D. W., & Kartini, K. (2020). Perbandingan Kemampuan

Membaca Permulaan Antara Metode Suku Kata Dengan Metode Eja

Berbantuan Media Kartu Kata. PENDAS MAHAKAM: Jurnal Pendidikan

Dasar, 5(1), 41-46.

Siregar, F, H, Siregar, Handika, Y, dkk. Perancangan Aplikasi Komik Hadist Berbasis

Multimedia. Jurnal Teknologi Informasi. 2 (113) (Online) diakses Pada

Tanggal 15 Januari 2021

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif dan R&B.

Bandung: Alfabeta

Sujana, Cong, W.I. 2019. Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Jurnal Pendidikan

Dasar. 4 (1) (Online) diakses pada tanggal 2 Juli 2021

Sunanih, 2017. Kemampuan Membaca Anak Sekolah Dasar Kelas Rendah Bagian dari

Pengembangan Bahasa. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan

Pembelajaran. 2 (1) (Online), diakses pada tanggal 29 Mei 2021

Sunanih, 2017. Kemampuan Membaca Anak Sekolah Dasar Kelas Rendah Bagian dari

Pengembangan Bahasa. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan

Pembelajaran. 2 (1) (Online), diakses pada tanggal 29 Mei 2021

Warti, E. 2016. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika

Siswa di SD Angkasa 10 Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur. Jurnal

Pendidikan Matematika. 5 (179) (Online) diakses Pada Tanggal 15 Januari 2021.

Widiasworo, E. (2019). Menyusun Penelitian Kuantitatif untuk Skripsi dan Tesis. Yogyakarta: Araska




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.2.1127-1142.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id