Hubungan Antara Kemampuan Awal Matematika Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas 5 SDN 08 Paguyaman
Ismail Pioke, Samsiar Rivai, Widi Candika Pakaya, Nurliyanti Abdullatif
Abstract
Matematika merupakan pembelajaran yang sangat penting diberikan kepada siswa mulai dari jenjang sekolah dasar sampai jenjang perguruan tinggi, karena matematika merupakan pondasi untuk kemampuan awal mencapai hasil belajar yang diinginkan, khususnya dalam menghitung dan mengolah data dalam kehidupan sehari-hari. Matematika sangat diperlukan karena bisa digunakan sebagai sarana dalam meningkatkan hubungan antara kemampuan awal dengan hasil belajar dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kemampuan awal matematika dengan hasil belajar siswa kelas V SDN 08 Paguyaman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah ex post facto yang berarti penelitian setelah kejadian. Maka hal ini peran guru sangatlah penting. Guru harus membuat suasana proses pembelajaran menjadi menyenangkan dan kondusif agar siswa bisa tertarik untuk mempelajari matematika. Hal ini dapat diartikan bahwa pencapaian tujuan pembelajaran tergantung kepada bagaimana cara guru untuk menjadikan kondisi pembelajaran menjadi menyenangkan dan menarik. Jika guru sudah dapat menumbuhkan kemampuan awal siswa untuk belajar matematika maka hasil belajarnya akan tercapai sesuai dengan tujuan pembelajaran. Tetapi begitu juga sebaliknya jika hasil belajarnya rendah maka kemampuan awalnya cenderung tidak menyenangkan dan tidak menarik.
Keywords
Kemampuan awal; Hasilbelajar; Matematika
References
Kamarullah. Juni 2017. “Pendidikan Matematika” Al-Kwarizmi: Jurnal Pendidikan dan
Pembelajaran Matematika. Vol 1. No 1
Komalasari, Kokom. 2011. Pembelajaran Kontekstual, Konsep dan Aplikasi,
Kualitatif, dan R & D. Alfabeta: Bandung
Martono, Nanang. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Raya Grafindo
Persada
Muhibbin Syah. 2010.Psikologi Pendidikan.PT Remaja Posdakarya Offset:Bandung
Rohman, Muhammad. 2013.Strategi dan Desain Pengembangan. Sistem Pembelajaran.
Jakarta: Pestasi Pustaka
Soegarda Porbawatja. 2013. Ensiklopedi Pendidikan. Jakarta : Gunung Agung.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung :
Alfabeta
Suprihatininggrum, Jamil. 2016 . Strategi Pembelajaran. Jogjakarta: AR-Ruzz Media
Sutrisno. 2010. Metode Research. Yogyakarta : UGM
DOI:
http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.2.803-808.2022
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id