Pendidikan Anak Usia Dini dengan Pendekatan Pendidikan Agama Islam di Era Tantangan Masyarakat 5.0
Abstract
Penelitian ini membahas tentang Revolusi Industri 4.0. dalam meningkatkan pemanfaatan data dan teknologi untuk kemudahan kehidupan manusia dengan pendekatan pendidikan agama Islam pada anak usia dini PGRI Standar Corawali, Sulawesi Selatan. Metode penelitian kualitatif yang digunakan melalui analisis bibliometriks yang dimaknai dengan pendidikan secara epistemologis dan religious menuju era masyarakat 5.0. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Penerapan faktor penghambat dalam menerapkan pendidikan anak usia dini yakni faktor dari dalam (intern), berupa kesadaran dan pemahaman dari masing-masing individu untuk melaksanakan ajaran agama, dan faktor dari luar (ekstern), berupa pembinaan dan perhatian dari orang tua, pergaulan di lingkungan masyarakat di sekitar mereka, dan pendidikan yang diperoleh dari bangku sekolah. Adapun upaya mengatasi penghambat yakni menerapkan Pendidikan Agama Islam dalam pada Anak Usia Dini dengan memberikan keteladanan dan perhatian serta kasih sayang kepada anak, sehingga dapat mengikuti yang diperintahkan oleh orang tua dan guru.
Full Text:
PDFReferences
Adzim, A. K. (2021). KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER ANAK BERBASIS KELUARGA
ISLAMI ERA SOCIETY 5.0. TaLimuna: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 14-23.
Agusriadi, A., Elihami, E., Mutmainnah, M., & Busa, Y. (2021, February). Technical Guidance for
Learning Management in a Video Conference with the Zoom and Youtube application in the Covid-
Pandemic Era. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1783, No. 1, p. 012119). IOP
Publishing.
Arifin, I. (2019). Kepemimpinan Religio-Humanistik Bidang Pendidikan pada Era Revolusi
Industri 4.0 dan Society 5.0.
Dini, J. P. A. U. (2021). Efektivitas Pembelajaran Online Pendidik PAUD di Tengah Pandemi
COVID-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 686-697.
Ekaningtyas, N. L. D., & Mataram, P. PSIKOLOGI KOMUNIKASI DAN PENGUATAN
KARAKTER TOLERANSI PADA ANAK USIA DINI DI ERA SOCIETY 5.0.
Elihami, E., & Syahid, A. (2018). Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam
Membentuk Karakter Pribadi Yang Islami. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 2(1), 79-96.
Elihami, E., Musdalifah, M., & Hasan, H. (2021, February). Increasing the Higher of Think through
Moodle Application: The Effects of Learning Procees in the Higher Education System. In Journal
of Physics: Conference Series (Vol. 1783, No. 1, p. 012054). IOP Publishing.
Johni Dimyati, M. M. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan dan Palikasinya Pada Pendidikan
Anak Usia Dini (PAUD). Kencana.
Maryatun, I. B. (2016). Peran pendidik PAUD dalam membangun Karakter Anak. Jurnal
Pendidikan Anak, 5(1).
Musdalifah, M., Baharuddin, B., Jabri, U., Elihami, E., & Mustakim, M. (2021, February). Building
The Management System: Designs on the use of Blended Learning Environment. In Journal of
Physics: Conference Series (Vol. 1783, No. 1, p. 012120). IOP Publishing.
Rahmat, M. P. I., Afriyadi, M. P., Salele, M., Alawi, H., Rahman, M. P., Abd Hakim, B., ... &
Rajmi, H. (2021). Orientasi Pendidikan Agama Islam Society 5.0 Telaah Kitab Ayyuhal Al-Walad
Karya Imam Al-Ghazali (Vol. 1). Dr. Rahmat, M. Pd. I.
Rezania, V., Amrullah, M., Laili, N., & Alfiyah, N. (2020). Integrasi Islam Dan Saintifik Dalam
Pembelajaran Sekolah Dasar Sebagai Pondasi Revolusi Industrti 4.0. Paedagoria: Jurnal Kajian,
Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 11(2), 188-194.
Siregar, W. T. (2021). Peran guru pendidikan agama Islam dalam pelaksanaan pembelajaran
pada masa pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SD IT) Darul Hasan
Padangsidimpuan (Doctoral dissertation, IAIN Padangsidimpuan).
Widaningsih, T., Widyawati, P. N., Shodiq, A., & Zayadi, A. (2019, May). Revolusi industri 4.0
dan Pendidikan Anak Usia Dini untuk Generasi Alfa: Sebuah Telaah. In Prosiding Seminar
Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, pp. 315-323).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Prosiding Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif Era Covid 19
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.