Pendidikan Anak Usia Dini dengan Pendekatan Pendidikan Agama Islam di Era Tantangan Masyarakat 5.0

Elihami Elihami

Abstract


Penelitian ini membahas tentang Revolusi Industri 4.0. dalam meningkatkan pemanfaatan data dan teknologi untuk kemudahan kehidupan manusia dengan pendekatan pendidikan agama Islam pada anak usia dini PGRI Standar Corawali, Sulawesi Selatan. Metode penelitian kualitatif yang digunakan melalui analisis bibliometriks yang dimaknai dengan pendidikan secara epistemologis dan religious menuju era masyarakat 5.0. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Penerapan faktor penghambat dalam menerapkan pendidikan anak usia dini yakni faktor dari dalam (intern), berupa kesadaran dan pemahaman dari masing-masing individu untuk melaksanakan ajaran agama, dan faktor dari luar (ekstern), berupa pembinaan dan perhatian dari orang tua, pergaulan di lingkungan masyarakat di sekitar mereka, dan pendidikan yang diperoleh dari bangku sekolah. Adapun upaya mengatasi penghambat yakni menerapkan Pendidikan Agama Islam dalam pada Anak Usia Dini dengan memberikan keteladanan dan perhatian serta kasih sayang kepada anak, sehingga dapat mengikuti yang diperintahkan oleh orang tua dan guru.


Full Text:

PDF

References


Adzim, A. K. (2021). KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER ANAK BERBASIS KELUARGA

ISLAMI ERA SOCIETY 5.0. TaLimuna: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 14-23.

Agusriadi, A., Elihami, E., Mutmainnah, M., & Busa, Y. (2021, February). Technical Guidance for

Learning Management in a Video Conference with the Zoom and Youtube application in the Covid-

Pandemic Era. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1783, No. 1, p. 012119). IOP

Publishing.

Arifin, I. (2019). Kepemimpinan Religio-Humanistik Bidang Pendidikan pada Era Revolusi

Industri 4.0 dan Society 5.0.

Dini, J. P. A. U. (2021). Efektivitas Pembelajaran Online Pendidik PAUD di Tengah Pandemi

COVID-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 686-697.

Ekaningtyas, N. L. D., & Mataram, P. PSIKOLOGI KOMUNIKASI DAN PENGUATAN

KARAKTER TOLERANSI PADA ANAK USIA DINI DI ERA SOCIETY 5.0.

Elihami, E., & Syahid, A. (2018). Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam

Membentuk Karakter Pribadi Yang Islami. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 2(1), 79-96.

Elihami, E., Musdalifah, M., & Hasan, H. (2021, February). Increasing the Higher of Think through

Moodle Application: The Effects of Learning Procees in the Higher Education System. In Journal

of Physics: Conference Series (Vol. 1783, No. 1, p. 012054). IOP Publishing.

Johni Dimyati, M. M. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan dan Palikasinya Pada Pendidikan

Anak Usia Dini (PAUD). Kencana.

Maryatun, I. B. (2016). Peran pendidik PAUD dalam membangun Karakter Anak. Jurnal

Pendidikan Anak, 5(1).

Musdalifah, M., Baharuddin, B., Jabri, U., Elihami, E., & Mustakim, M. (2021, February). Building

The Management System: Designs on the use of Blended Learning Environment. In Journal of

Physics: Conference Series (Vol. 1783, No. 1, p. 012120). IOP Publishing.

Rahmat, M. P. I., Afriyadi, M. P., Salele, M., Alawi, H., Rahman, M. P., Abd Hakim, B., ... &

Rajmi, H. (2021). Orientasi Pendidikan Agama Islam Society 5.0 Telaah Kitab Ayyuhal Al-Walad

Karya Imam Al-Ghazali (Vol. 1). Dr. Rahmat, M. Pd. I.

Rezania, V., Amrullah, M., Laili, N., & Alfiyah, N. (2020). Integrasi Islam Dan Saintifik Dalam

Pembelajaran Sekolah Dasar Sebagai Pondasi Revolusi Industrti 4.0. Paedagoria: Jurnal Kajian,

Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 11(2), 188-194.

Siregar, W. T. (2021). Peran guru pendidikan agama Islam dalam pelaksanaan pembelajaran

pada masa pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SD IT) Darul Hasan

Padangsidimpuan (Doctoral dissertation, IAIN Padangsidimpuan).

Widaningsih, T., Widyawati, P. N., Shodiq, A., & Zayadi, A. (2019, May). Revolusi industri 4.0

dan Pendidikan Anak Usia Dini untuk Generasi Alfa: Sebuah Telaah. In Prosiding Seminar

Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, pp. 315-323).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif Era Covid 19

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.