Meningkatkan Hasil Belajar PAI Melalui Metode Pembelajaran Praktikum

Irma Muti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Sukabumi pada mata pelajaran PAI melalui penerapan metode pembelajaran partikum. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A yang berjumlah siswanya 27 orang, terdiri dari 15 siswa lakilaki dan 12 siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan prosedur penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur penelitian ini terdiri dari dua siklus, dimana tiap siklus melalui 4 tahap yaitu : 1). Perencanaan, 2). Pelaksanaan, 3). Observasi, dan 4). Refleksi. Analisis data yang digunakan secara umum terdiri dari proses analisis untuk menghitung presentasi keaktifan siswa dan mengetahui tingkat hasil belajar siswa. Berdasarkan data dari siklus I dan II dapat dikatakan bahwa pembelajaran PAI melalui penerapan metode praktikum dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar PAI. Terbukti pada siklus I keaktifan siswa mencapai 72,07% dan hasil belajar mencapai 64,07%. Dengan perbaikan pembelajaran pada siklus II keaktifan siswa meningkat menjadi 83,95% dan hasil belajar mengalami peningkatan menjadi 77,03%. Terbukti bahwa dengan penerapan metode praktikum PAI maka kwalitas pelaksanaan pembelajaran meningkat. Hal ini berarti hipotesis tindakan dalam penelitian ini dapat diterima

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsini. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka

Cipta.

Darsono, Max. 2001. Belajar dan pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press.

Dimyati dan Muldjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful dan Aswan Zaini. 2006. Erlangga Strategi Belajar- mengajar. Jakarta: Asdi

Mahasatya.

Kanginan, Marthen. 2007. PAI FISIKA untuk SMP Kelas VII. Jakarta: Erlangga.

Nasution S. 1986. Didaktik Azas-Azas Mengajar. Bandung: CV. Jemars

Purwadarminta. 1984. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Ridwan. 2008. Ketercapaian Prestasi Belajar. [Online]. Tersedia :

http://ridwan202.wordpress.com/2008/05/03/ketercapaian-prestasi-belajar (20 Januari

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Memepengaruhinya. Jakarta: Rineka Dipta

Sudjana, Nana. 2004. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Sudirman. 1992. Ilmu Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Syaiful Sagala. 2005. Konsep dan Makna Pembelajaran Bandung : CV. Alvabeta

Tim MKDK.1990. Psikologi Belajar. Semarang: IKIP Semarang Press.

Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 2001. Kamus besar

Bahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Tresna Sastrawijaya. 2009. Pencemaran Lingkungan. Jakarta : Rineka Cipta.

Winataputra. 1993. Strategi Belajar dan Mengajar PAI. Jakarta : Universitas Terbuka

Depdikbud


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif Era Covid 19

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.