Teknik Pendampingan Guru PAUD untuk Penguatan Pembelajaran

Abdul Rahmat, Mira Mirnawati, Syamsu Q. Badu

Abstract


Teknik pendampingan pada dasarnya merupakan teknik yang dilakukan dengan cara mendampingi guru yang melakukan kegiatan pembimbingan kepada siswa khususnya terkait dengan kegiatan bimbingan belajar. Dalam prosesnya kegiatan pendampingan ini dilakukan secara informal sehingga guru tidak merasa diawasi dalam proses pemberian bimbingan belajar kepada siswa. Dengan teknik ini maka guru akan lebih leluasa dalam melakukan kegiatan pembimbingan sehingga kegiatan bimbingan akan mencapai hasil yang diharapkan.

Full Text:

PDF

References


Agus Taufiq. 2007. Pendampingan Bimbingan dan Konseling (Bahan Pelatihan BK di Cikole).

Bandung.

Binet. 2010. Layanan Bimbingan Belajar. (Online) Tersedia

dihttp://jaringanilmupengetahuan.blogspot.com/2010/04/tujuan-layanan-bimbinganbelajar.

sadja.html

Iim Waliman, dkk. 2001. Pendampingan (Modul Manajemen Berbasis Sekolah). Bandung :

Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat

Joni, T. Raka. 2004. Pedoman Umum Alat Penilaian Kemampuan Guru. Jakarta:

Dirjen Pendidikan Tinggi Depdikbud

Nasution. 2005. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: PT. Bumi

Aksara

Nurihsan Juntika Ahmad. 2005. Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT

Rafika Aditama.

Nurihsan Juntika dan Yusuf Syamsu. 2007. Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung:

Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Indonesia dan PT Remaja Rosda Karya

Siagian. 2009. Administrasi Dan Supervisi Pendidikan, Bandung PT Remaja Rosda Karya

Sudradjat Akhmad. 2007. Kesulitan Belajar Siswa dan Bimbingan Belajar (Online) Tersedia

di http/www.kes.rtti.,com.press.html

Sukmawati. 2009. Interaksi Belajar Mengaajar. Jakarta: Rineka Cipta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif Era Covid 19

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.