Batik Bercerita sebagai Media Pembelajaran untuk Anak Usia Dini
Abstract
Artikel ini merupakan pengembangan media pembelajaran bagi anak-anak usia dini melalui narasi visual yan disampaikan melalui kisah kisah dari Nusantara. Kisah-kisah dari Nusantara yang memiliki muatan membentuk karakter generasi muda dapat digali dari cerita rakyat yang tersebar di Indonesia dibuat diatas wastra berukuran 210 x 110 cm. Narasi visual yang memiliki muatan moral yaitu cerita tentang keserakahan Nyi Endit yang berasal dari Garut. Tujuannya untuk 1) memperkenalkan kepada anak cerita dari Nusantara; 2) dapat terjadi alih pengetahuan tentang pembentukan karakter yang baik bagi anak; 3) meningkatkan pemahaman anak terhadap gambar yang disampaikan sebagai teks. Metode yang dipergunakan dalam pembacaan narasi visual dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan bahasa rupa yaitu objek yang dipentingkan dibuat besar, banyak kejadian divisualisasikan dengan aneka tampak, ruang waktu datar, penggambaran beberapa subject matter menggunakan teknik sinar x. Hasil dari pengembangan media pembelajaran untuk anak usia dini ini adalah cerita yang disampaikan memiliki muatan moral agar hidup itu berbagi dengan sesame, saling tolong menolong, cerita keserakahan dan ketamakan sang tokoh utama disamapaikan melalui warna yang kontoversial agar tetap dapat meredam kemarahan apresiator.
Full Text:
PDFReferences
Barabasch, A. (2020). Creativity and arts-based learning. Journal of Adult and Continuing
Education, 26(1), 3–5. https://doi.org/10.1177/1477971420921808
Bhinnety, M. (2015). Struktur Dan Proses Memori. In Struktur Dan Proses Memori (Vol. 16).
https://doi.org/10.22146/bpsi.7375
Elita, R. F. M. (2004). Memahami Proses Memori. MediaTor, 5, 147–160.
Fajar, Y. W., & Izzah, L. (2015). Upaya meningkatkan kreativitas anak melalui metode
menggambar di desa karangasem kabupaten lamongan. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo,
(1), 4–5.
Fitroh, S. F. (2015). Dongeng Sebagai Media Penanaman Karakter Pada Anak Usia Dini.
Universitas Trunojoyo Madura, 2, 76–149.
https://doi.org/https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v2i2.2606
Haerudin, D. A., & Cahyati, N. (2018). Penerapan Metode Storytelling Berbasis Cerita Rakyat
Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Anak. Pelita PAUD, 3(1), 1–8.
https://doi.org/https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v3i1.420
Hautala, J., & Ibert, O. (2018). Creativity in arts and sciences: Collective processes from a
spatial perspective. Environment and Planning A, 50(8), 1688–1696.
https://doi.org/10.1177/0308518X18786967
Heilman, K. M., & Acosta, L. M. (2013). Visual artistic creativity and the brain. In Progress in
Brain Research (1st ed., Vol. 204). Copyright © 2013 Elsevier B.V. All rights reserved.
https://doi.org/10.1016/B978-0-444-63287-6.00002-6
Kabanda, P. (2016). Work as Art: Links Between Creative Work and Human Development.
Retrieved from http://hdr.undp.org/sites/default/files/kabanda_hdr_2015_final.pdf
Lase, D. (2019). Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah
Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora Dan Kebudayaan, 12(2), 28–43.
https://doi.org/10.36588/sundermann.v1i1.18
Peow, S. H. (2015). Malaysian Chinese stories of hard work: Folklore and Chinese work values.
International Journal of Asia-Pacific Studies, 11(2), 1–16. Retrieved from
https://ijaps.usm.my/?page_id=2734
Prasetyo, Y. A. (2014). Ilustrasi Buku Cerita Fabel Sebagai Media Pendidikan Karakter Anak.
Journal of Visual Art, 3(1), 5–8. Retrieved from
https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/arty/article/view/2449
Ross, W. (2019). Situ Begendit. In Cerita Rakyat 34 Propinsi (1st ed., pp. 116–118). Jakarta.
Southern, A. (2019). The power of creative learning through the arts: Economic imperative or
social good? Power and Education, 11(2), 175–190.
https://doi.org/10.1177/1757743819845059
Suarta, N., Dwi, D., & Rahayu, I. (2018). Model Pembelajaran Holistik Integratif di PAUD
Untuk Mengembangkan Potensi Dasar Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan,
(1), 31. https://doi.org/10.29303/jipp.Vol3.Iss1.44
Tabrani, P. (2014). Proses Kreasi-Gambar Anak-Proses Belajar (1st ed.). Jakarta: Erlangga.
Tehupeiory, M., Suwatra, I. I. W., & Tirtayani, L. A. (2014). Penerapan Metode Bercerita
Menggunakan Media Gambar untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak
Kelompok B Semester II. Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1). Retrieved from
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/4318
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Prosiding Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif Era Covid 19
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.