Pengetahuan Ibu Tentang Keteraturan Pemeriksaan Tumbuh Kembang Anak Usia 0-12 Bulan Pada Masa Pandemi

Ridawati Sulaeman, Sumia Intan Ramadhona, Muhammad Hasbi

Abstract


Pandemi covid-19 melanda dunia dan Indonesia sejak awal maret 2020, pemerintah menetapkan kebijakan melakukan kegiatan belajar, bekerja dan beribadah dari rumah untuk menekan angka penyebaran covid-19. Pelayanan Kesehatan utamanya posyandu dihentikan untuk menghindari kerumunan dan mobilisasi warga. Hal ini berdampak terhadap pemeriksaan tumbuh kembang anak di posyandu. Untuk mengetahui pengetahuan ibu tentang keteraturan pemeriksaan tumbuh kembang anak usia 0 – 1 tahun. Desain penelitian deskriptif. Populasi sebanyak 102 anak usia 0-1 tahun. Metode pengambilan sample simple random sampling, sample sebanyak 53 orang. Cara pengumpulan data pengetahuan ibu menggunakan kuesioner dan keteraturan pemeriksaan tumbuh kembang anak menggunakan Buku KMS Anak. Ibu teratur memeriksa tumbuh kembang anaknya sebanyak 48 orang (90.57 %) dan Pengetahuan Ibu TentangPemeriksaan Tumbuh Kembang anak baik sebanyak 47 orang (88.68 %) Pada masa pandemic covid-19 pengetahuan ibu tentang keteraturan pemeriksaan tumbuh kembang anak bukan menjadi penghalang, sehingga disarankan kepada petugas kesehatan tetap memberikan edukasi kepada ibu pengetahuan kurang dan tidak teratur memeriksakan tumbuh kembang anaknya dengan melibatkan kader Kesehatan dan melakukan home care.


Full Text:

PDF

References


Al-Maadadi, F., & Ikhlef, A. (2015). What Mothers Know About Child Development and

Parenting in Qatar. The Family Journal, 23(1), 65–73.

https://doi.org/10.1177/1066480714555669

Baker-Henningham, H., & López Bóo, F. (2010). Early Childhood Stimulation Interventions in

Developing Countries: A Comprehensive Literature Review. IZA Discussion Paper, 5282.

Diana, F. M. (2010). Pemantauan Perkembangan Anak Balita. Jurnal Kesehatan Masyarakat

Andalas, 4(2), 116–129.

Karo, M. B. (2015). Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Ibu Terhadap Perkembangan Bahasa

Anak Usia1-3 Tahun (Toddler) Di Sekolah Nisrina Jati Asih Kota Bekasi Tahun 2013.

Jurnal Ilmiah WIDYA, 3(2).

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2016). Profil Kesehatan Indonesia 2016. In Profil

Kesehatan Provinsi Bali.

Kharisma, Meri & Nel, E. (2017). Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang Tumbuh Kembang

Dengan Perkembangan Anak Usia 3-4 Tahun Di Kelompok. Jurnal Akademika

Baiturrahim, 6(1), 26–39.

Notoatmodjo, S. (2010). Ilmu perilaku kesehatan. PT Rineka Cipta.

Potter, P., Perry, A., Stockert, P., & Hall, A. (2015). Fundamental of Nursing Eight Edition.

Elsevier.

Satuan Tugas Penanganan COVID-19. (2020). Peta Risiko. Satuan Tugas Penanganan COVID-

Sendra, E. (2017). The Relationship between Mother ’ s Knowledge About Early Development

Stimulation of Toddlers Aged 3-24 Months And Inspection Results By Pre-Screening

Questionnaire of Development ( KPSP ) in the Village of Ngadiluwih , Kediri Indonesia.

International Journal of Scientific and Research Publications, 7(9), 408–414.

Soetjiningsih. (1998). Tumbuh Kembang Anak. EGC.

Sulistyawati, S., & Mistyca, M. R. (2016). Pengetahuan Berhubungan dengan Sikap Ibu dalam

Kemampuan Menstimulasi Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Balita dengan Gizi

Kurang. Jurnal Ners Dan Kebidanan Indonesia, 4(2), 63.

https://doi.org/10.21927/jnki.2016.4(2).63-69

Wawan, A., & Dewi, M. (2010). Teori Dan Pengukuran pengetahuan, sikap, dan perilaku

manusia. Nuha Medika.

Wayanti, kharisma kusumaningtyas dan sri. (2016). Faktor Pendapatan Dan Pendidikan

Keluarga Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 3-4 Tahun. Jurnal Involusi

Kebidanan, VII(2011), 46–51.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif Era Covid 19