Bermain itu Belajar

Arleti Mochtar Apin, Lucky Hendrawan

Abstract


Pendidikan anak usia dini merupakan momentum yang berharga dan menentukan karakternya di masa depan, menjadi landasan tumbuh kembang kepribadiannya. Dunia anak adalah dunia bermain, bergembira dan penuh kenangan indah. Hal ini berarti bentuk pendidikan yang ideal di usia tersebut, perlu disesuaikan dengan dunia bermain pada anak. Dalam kondisi mental yang baik, apalagi tanpa paksaan seorang anak akan cepat belajar. Metoda penelitian yang digunakan studi kasus eksperimen kreatif dalam pola pengajaran secara bermain untuk peserta didik. Upaya ini dilakukan untuk mendapatkan hasil maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan potensi, minat serta bakat anak tanpa merusak suasana psikisnya. Menghindari kondisi tekanan, paksaan atau hukuman.


Full Text:

PDF

References


Aurélien Frick, M. A. (2020). Disentangling the Respective Contribution of Task Selection and

Task Execution to Self-Directed Cognitive Control Development. Child Development,

-1304.

Berta Laili Khasanah1, D. 2. (2021). Pengenalan Pembelajaran Matematika oleh Orang Tua

Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 631-641.

Gail Richmond, C. C. (2021). Fast and Slow Thinking to Address Persistent and Complex

Problems in Teaching and Learning. Journal of Teacher Education, 401=404.

Hankin, J. M. (2021). Affective Benefits of Parental Engagement with Adolescent Positive

Daily Life Experiences. Journal of Youth and Adolescence volume, 2036–2051.

Iis Sumyati Shalihat1, S. Y. (2021). Creative Character Training (CCT): Dampaknya. Jurnal

Pendidikan Anak Usia Dini, 565-578.

Pertiwi1, L. K. (2021). KETERLIBATAN ORANG TUA TERHADAP PEMBELAJARAN.

Cakrawala Dini:, 19-30.

Riswandi1, F. N. (2021). PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI

PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN SIRKUITANAK USIA 5-6 TAHUN.

PG-PAUD Trunojoyo, 66 -78.

Vaillancourt, A. H. (2021). The Impact of Childhood Bullying Trajectories on Young

Adulthood Antisocial Trajectories. Journal of Youth and Adolescence volume, 1782–


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif Era Covid 19