Penyuluhan Protokol Kesehatan Covid-19 Pada Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas

Eko Nursalim, Latifa Zulaiha, Surana Surana, Dewi Sinta, Dina Novita, Paujiah Paujiah, Jumaidah Jumaidah, Ahmad Makhrus

Abstract


Adanya siswa yang menggunakan masker yang bukan standar kesehatan, masih dijumpai siswa yang menggunakan masker di dagu, adanya siswa yang abai untuk menggunakan sabun dalam mencuci tangan, dan masih dijumpai siswa yang berkerumun dan tidak menjaga jarak ketika berada di lingkungan sekolah. Hal inilah yang menjadi pijakan untuk melakukan pengabdian dalam rangka memberikan penyuluhan protokol kesehatan kepada siswa SMP Islam DDI Sangatta Utara. Metode pelaksanaan pengabdian masyarakat ini menggunakan metode penyuluhan di SMP Islam DDI Sangatta Utara. Hasilnya melalui program ini, siswa SMP Islam DDI Sangatta Utara memiliki kesadaran dalam penerapan protokol kesehatan dalam berbagai kesempatan dan di berbagai lingkungan, mulai dari lingkungan terkecil yaitu keluarga, kemudian lingkungan masyarakat, dan lingkungan sekolah khususnya. Mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak aman, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas merupakan protokol kesehatan yang harus dipatuhi oleh semua siswa.


Keywords


Protokol kesehatan, covid-19, pembelajaran tatap muka terbatas

Full Text:

PDF

References


Andini, Y., Fauzia, N. S., Aprilia, N. A., Sari, R. E., Rodiah, S., & Prabowo, B. (2021).

Pentingnya Peran Pemuda-Pemudi Karang Taruna Dalam Membantu Masyarakat

Sekitar Agar Patuh Terhadap Protokol Kesehatan Di Masa Pandemi Covid-19 Pada

Karang Taruna Pemuda Pancasila Kembangan Selatan. Jurnal Pengabdian Kepada

Masyarakat (PKM): Kreasi Mahasiswa Manajemen, 1(2), 10–21.

Ilham, Renyaan, D., Sapioper, H. C. M., & Yumame, J. (2021). Edukasi Membudayakan

Protokol Kesehatan Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kampung Yobeh Distrik

Sentani Kabupaten Jayapura. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(Vol 5, No 1

(2021): Februari), 12–23.

http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/3186/pdf

Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, D. M. D. N.

(2020). Revisi SKB 4 Menteri PTM. Https://Www.Kemdikbud.Go.Id/, 1–41.

https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/08/penyesuaian-keputusanbersama-

empat-menteri-tentang-panduan-pembelajaran-di-masa-pandemi-covid19

Mirfaqo, S. (2021). Update Covid-19 Kutai Timur: Kasus Aktif Tersisa 19 Pasien. Tribun

Kaltim. https://kaltim.tribunnews.com/2021/10/27/update-covid-19-kutai-timurrabu-

-oktober-2021-kasus-aktif-tersisa-19-pasien

Mubarok, R. (2021). Dinamika Lembaga Pendidikan Dasar Dalam Pengelolaan

Pembelajaran Daring. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 21(1), 10–20.

Pattanang, E., Limbong, M., & Tambunan, W. (2021). Perencanaan Pelaksanaan

Pembelajaran Tatap Muka Di Masa Pandemi Pada SMK Kristen Tagari. Jurnal

Manajemen Pendidikan, 10(2), 112–120.

Suprapto. (2021). Edukasi Kepatuhan Protokol Kesehatan Covid-19 Pada Pengunjung

Warkop. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat: Peduli

Masyarakat, 1(1), 1–6.

Susilowati, I., Nurkhalim, R. F., & Jayanti, K. D. (2021). Membudayakan Protokol

Kesehatan Di Lingkungan Perumahan Demi Pengendalian Penyebaran Covid-19.

Jurnal ABDINUS: Jurnal Pengabdian Nusantara, 5(1), 66–74.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.1.4.167-172.2021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Dikmas: Jurnal Pengabdian Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnaldikmas@ung.ac.id