Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Dalam Pembelajaran Expressions Of Congratulating Others Melalui Metode Role Playing Di Kelas X RPL SMK Negeri 1 Gorontalo
Abstract
Pengabdian ini dilakukan dalam upaya meningkatkan kemampuan berbicara bahasa inggris dalam pembelajaran expressions of congratulating others melalui metode role playing di kelas X RPL SMK Negeri 1 Gorontalo. Pengabdian ini terdiri dari dua siklus dengan tiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan, yaitu metode playing dan tes ulangan harian. Prosedur pengabdian yang ditempuh meliputi: observasi awal; persiapan pratindakan; implementasi tindakan berupa tindakan pembelajaran siklus I, dan II; observasi dan evaluasi; analisis dan refleksi, serta perencanaan tindak lanjut. Hasil pengabdian menunjukkan hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan, pada siklus I ketuntasan klasikal sebesar 74,82%, sedangkan pada siklus II mencapai 100%. Keterampilan berbicara bahasa inggris dalam pembelajaran expressions of congratulating others melalui metode role playing yang menonjol pada siklus II adalah dengan predikat baik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan SMK. Jakarta: BSNP
Faizi, Mastur. 2013. Ragam Metode MengajarkanEksakta Pada Murid.
Yogyakarta:DivaPress.
Fathurrohman, Pupuh. 2007. Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep
Umum dan Konsep Islam. Bandung: Refika Aditama.
Ghazali, A. Syukur. 2010. Pembelajaran Ketrampilan berbahasa: dengan Pendekatan
Komunikatif-Interaktif. Bandung: Refika Aditama.
Hussain, Rubina. 2011. Good Teaching. University of Cambridge International
Examinations. Cambridge International Centre.
Ntelu, Asna. 2004. Bahan Perkuliahan pada Matakuliah Berbicara. Program S1.
Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo.
Proyek PGSM Dikti. 1997. Pengabdian Tindakan Kelas. Jakarta: Depdikbud
Slameto. 1995. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka
Cipta.
Sudjana, Nana. 2003. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru
Algensindo.
Sutikno, M. Sobry. 2004. Menuju Pendidikan Bermutu. Mataram: NTP Press.
Uno, Hamzah. 2008.ModelPembelajaran,menciptakanprosesbelajarmengajar yang
kreatif dan efektif. Jakarta:BumiAksara.
Wahyudi, 1997. Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima
Wina, Sanjaya. 2008. Menejemen Pengabdian Tindakan Kelas. Jakarta: Insan Cendekia
DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.1.2.73-80.2021
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Dikmas: Jurnal Pengabdian Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnaldikmas@ung.ac.id