Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Organisasi Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Pendekatan Kooperatif Tipe STAD

Janti Agusalim Pomalingo

Abstract


Hasil pengabdian menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan materi Organisasi kelas V SDN No. 34 Kota Selatan Kota Gorontalo dengan menggunakan model pendekatan Kooperatif Tive STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada kegiatan awal observasi hanya 30% keberhasilan siswa menggunakan metode ceramah, dan tanya jawab, setelah dilaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model Pendekatan Kooperatif Tive STAD pada siklus I meningkat menjadi 65%, namun indikator kinerja belum optimal sehingga guru melanjutkan ke siklus II, hasilnya cukup signifikan yakni dengan daya serap 82% dan rata-rata keberhasilan siswa 82,5%

Keywords


Pembelajaran,Kooperatif tive STAD, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Hamalik, Oemar. 1975. Metode Belajar dan Kesulitan-kesulitan Belajar. Tarsito:

Bandung.

Hunbury. 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Ibrahim, Muslimin dkk. 2000.Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Uneversity Press.

Lie, Anita. 2004. Cooperative Learning. Grasindo: Jakarta.

Marpaung, dkk. 2000. Model-model Pembelajaran. Dirjen Diknasmen. Depdiknas:

Jakarta

Nurhadi, dkk. 2004. Pembelajaran Konstektual Dalam penerapannya Dalam KBK.

Malang UNM

Ruminiati. 2007. Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan SD.Depdiknas Dikti

Jakarta

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Slameto, 2003. Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya.Rineka Cipta: Jakarta

Sutrisni Andayani, 2007 (http//trisniandi.tipestad.html)

Suyitno, Amin 2003. Dasar-dasar dan proses Pembelajaran Matematika. Semarang

:UNNES Press.

Tyler, (1996) Multimodal learning and the quality of inntelegent bahavior. In H. Rowe

(ed)

Uzer.Usman.2004 Menjadi guru profesional. Remaja Rosda Karya: Bandung

Uzer dan Setiawati. 2001.Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Remaja

Rosda Karya: Bandung

Winataputra, dkk.1999. Strategi Belajar Mengajar Matematika, Jakarta: Depdikbud

Wijayanti, Pradnyo. 2002. Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Makalah) Surabaya

UNS.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.1.2.61-64.2021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Dikmas: Jurnal Pengabdian Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnaldikmas@ung.ac.id