Implementasi Lesson Study Untuk Peningkatan Kualitas Tenaga Pendidik

Lilan Dama

Abstract


Tulisan ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang bagaimana proses pelaksanaan lesson study yang diimplementasikan oleh dosen di lingkungan FMIPA Universitas sebagai salah satu fakultas di Perguruan Tinggi Gorontalo yang menjadi piloting pelaksana lesson study dan mendiseminasikannya diluar fakultas MIPA dan sekolah mitra di Kabupaten dan Kota Gorontalo. Sebagai penerima hibah lesson study di tahun ke tiga, fakultas MIPA mensosialisasikan lesson study di sekolah mitra sebagai tindak lanjut program workshop dan TOT lesson study oleh UM Malang dan JICA. Lesson study di tingkat fakultas telah dilaksanakan sejak tahun 2007 oleh semua jurusan di fakultas MIPA. Hal ini juga telah ditindaklanjuti dengan riset/penelitian tentang peningkatan science process skills mahasiswa pada pembelajaran sains di FMIPA Universitas Negeri Gorontalo. Penelitian ini merupakan kolaborasi matakuliah pembelajaran sains dalam hal ini jurusan Biologi, Kimia, dan Fisika. Mata kuliah yang terpilih adalah Mikroteknik, Fisika dasar II dan Kimia Dasar II; menunjukkan perubahan siginifikan pada pencapaian science process skills karena lesson study meningkatkan kualitas belajar serta menjadi landasan bagi pengembangan pembelajaran, menempatkan peran dosen sebagai peneliti pembelajaran, lesson study yang didesain dengan baik akan menjadikan dosen yang profesional dan inovatif. Selain itu telah melakukan workshop di sekolah baik di SMP dan SMA dalam bentuk pengabdian di Kabupaten dan Kota Gorontalo.


Keywords


Implementasi Lesson study, Riset Lesson Study, Diseminasi Lesson Study

Full Text:

PDF

References


Gagne, Robert M, dan Leslie J Briggs. Principles of Instructional Design. New York:

Holt, Rinehart and Winston, 1979.

Hendayana, Sumar. Pedoman Implementasi Lesson Study. Bandung: PMIPA UPI dan

JICA, 2007.

Jacobsen, David A, Paul Eggen dan Donald Kauchak. Methods for Teaching, terjemahan

Achmad Fawaid & Khoirul Anam. Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2009.

Liem, Tik L. Invitations to Science Inquiry Asyiknya Meneliti Sains. Bandung: PUDAK

Scientific, 2007.

Nugraha, Ali. Pengembangan Pembelajaran Sains pada Usia Dini. Bandung: JILSI

Foundation, 2008.

Soedijarto. Landasan dan Arah Pendidikan Nasional Kita. Jakarta: Kompas Media

Nusantara, 2008.

Susilo, Herawati. Lesson Study Berbasis Sekolah Guru Konservatif Menuju Guru

Inovatif. Malang: Bayumedia Publishing, 2009.

Syamsuri, Istamar dan Ibrohim. Studi Pembelajaran (Lesson Study), Model Pembinaan

Pendidik secara Kolaboratif dan Berkelanjutan. Malang: FMIPA UM, 2008.

Saito, E., (2006). Development of school based in-service teacher training under the

Indonesian Mathematics and Science Teacher Education Project . Improving

Schools. Vol.9 (1): 47-59

Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.1.2.53-60.2021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Dikmas: Jurnal Pengabdian Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnaldikmas@ung.ac.id