Implementasi Lesson Study Untuk Peningkatan Kualitas Tenaga Pendidik
Abstract
Tulisan ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang bagaimana proses pelaksanaan lesson study yang diimplementasikan oleh dosen di lingkungan FMIPA Universitas sebagai salah satu fakultas di Perguruan Tinggi Gorontalo yang menjadi piloting pelaksana lesson study dan mendiseminasikannya diluar fakultas MIPA dan sekolah mitra di Kabupaten dan Kota Gorontalo. Sebagai penerima hibah lesson study di tahun ke tiga, fakultas MIPA mensosialisasikan lesson study di sekolah mitra sebagai tindak lanjut program workshop dan TOT lesson study oleh UM Malang dan JICA. Lesson study di tingkat fakultas telah dilaksanakan sejak tahun 2007 oleh semua jurusan di fakultas MIPA. Hal ini juga telah ditindaklanjuti dengan riset/penelitian tentang peningkatan science process skills mahasiswa pada pembelajaran sains di FMIPA Universitas Negeri Gorontalo. Penelitian ini merupakan kolaborasi matakuliah pembelajaran sains dalam hal ini jurusan Biologi, Kimia, dan Fisika. Mata kuliah yang terpilih adalah Mikroteknik, Fisika dasar II dan Kimia Dasar II; menunjukkan perubahan siginifikan pada pencapaian science process skills karena lesson study meningkatkan kualitas belajar serta menjadi landasan bagi pengembangan pembelajaran, menempatkan peran dosen sebagai peneliti pembelajaran, lesson study yang didesain dengan baik akan menjadikan dosen yang profesional dan inovatif. Selain itu telah melakukan workshop di sekolah baik di SMP dan SMA dalam bentuk pengabdian di Kabupaten dan Kota Gorontalo.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Gagne, Robert M, dan Leslie J Briggs. Principles of Instructional Design. New York:
Holt, Rinehart and Winston, 1979.
Hendayana, Sumar. Pedoman Implementasi Lesson Study. Bandung: PMIPA UPI dan
JICA, 2007.
Jacobsen, David A, Paul Eggen dan Donald Kauchak. Methods for Teaching, terjemahan
Achmad Fawaid & Khoirul Anam. Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2009.
Liem, Tik L. Invitations to Science Inquiry Asyiknya Meneliti Sains. Bandung: PUDAK
Scientific, 2007.
Nugraha, Ali. Pengembangan Pembelajaran Sains pada Usia Dini. Bandung: JILSI
Foundation, 2008.
Soedijarto. Landasan dan Arah Pendidikan Nasional Kita. Jakarta: Kompas Media
Nusantara, 2008.
Susilo, Herawati. Lesson Study Berbasis Sekolah Guru Konservatif Menuju Guru
Inovatif. Malang: Bayumedia Publishing, 2009.
Syamsuri, Istamar dan Ibrohim. Studi Pembelajaran (Lesson Study), Model Pembinaan
Pendidik secara Kolaboratif dan Berkelanjutan. Malang: FMIPA UM, 2008.
Saito, E., (2006). Development of school based in-service teacher training under the
Indonesian Mathematics and Science Teacher Education Project . Improving
Schools. Vol.9 (1): 47-59
Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.1.2.53-60.2021
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Dikmas: Jurnal Pengabdian Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnaldikmas@ung.ac.id