Upaya Meningkatkan Partisipasi Siswa Pada Materi Mengidentifikasi Macam-Macam Limbah Melalui Metode Diskusi

Ratna Harmain

Abstract


Pengabdian ini dilaksanakan pada siswa kelas XII TPHP SMK Negeri 1 Taluditi yang berjumlah 18 orang siswa terdiri dari 3 orang siswa laki-laki dan 15 orang siswa perempuan, yang mempunyai partisipasi rendah didalam belajar,sehingga menggunakan metode diskusi yang diterapkan dalam peneliti penyajian materi tentang mengidentifikasi macam-macam limbah.Pengabdian ini menggunakan metode analisis secara kualitatif untuk Kegiatan Belajar Mengajar dan Partisipasi siswa serta respon siswa dianalisis menggunakan prosentase. Pada siklus I setelah dianalisis dimana Kegiatan belajar Mengajar dari 15 aspek terdapat 10 aspek mencapai kriteria Amat Baik dan Baik (66.67%) dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 14 aspek Mencapai kriteria amat baik atau baik (93,33%). Kemudian Partisipasi siswa siklus I pada 18 orang siswa yang dikenai tindakan terdapat 8 orang siswa (44,44 %) termasuk katergori amatbaik atau baik, pada siklus II meningkat menjadi 16 orang siswa (88.89 %) yang kategori amat baik atau baik. Untuk respon siswa siklus I dari 18 orang siswa ada 12 orang siswa memberi tanggapan positif (66.67 %) dan pada siklus II meningkat menjadi 100%.

Keywords


Metode diskusi, partispasi siswa dan hasil respon siswa

Full Text:

PDF

References


Ahmadi. 1999. Psikologi Sosial. Jakarta : Rineke Cipta

Alwi, Hasan, Dkk. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka

Arikunto, Suharsimi. 1996. Pengelolaan Kelas Dan Siswa : Sebuah Pendekatan

Evakuatif. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Astrid, S, Susanto.1997. Pengantar Sosiologi Dan Perubahan Sosial. Jakarta : Bina Cipta

Panen, Paulina. 2000. Belajar dan Pemblajaran 1 .Jakarta : Depdikbud RI

Slameto. 1987. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Bina Aksara

Soetomo. 1997. Dasar-dasar interaksi Belajar Mengajar. Surabaya : Usaha Nasional

Sudirman, Dkk. 1989. Ilmu Pendidikan . Bandung : CV.Remaja Karya

Sudjana, Nanan. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja

Rosdakarya

Suryosubroto. 2002. Proses Belajar Mengajar DiSekolah. Jakarta : Rineke Cipta

Taniredja, Tukiran, Dkk. 2013. Model – model Pembelajaran Inovatif Dan Efektif.

Bandung : Alfabeta

Walgito, Bimo. 1980. Psikologi Sosial. Yogyakarta : Andi Offset

Yamin, Martinis. 2007. Profesionalisme Guru Dan Implementasi KTSP. Jakarta : Gaung

Persada Press




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.1.1.35-42.2021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Dikmas: Jurnal Pengabdian Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnaldikmas@ung.ac.id