Penerapan Metode Pembelajaran Demonstration Dan Experiment Dalam Upaya Peningkatan Kemampuan Melayani Makan Dan Minum Dan Keaktifan Belajar Pada Siswa Kelas XII Jasa Boga Di SMK Negeri 1 Airmadidi

Eleonora Sompie

Abstract


Tujuan pengabdian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang penerapan metode pembelajaran Demonstration and Experiment untuk meningkatkan kemampuan melayani makan dan minum dan keaktifan belajar siswa Kelas XII JB SMK Negeri 1 Airmadidi. Pengabdian ini menggunakan metode Pengabdian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek pengabdian ini adalah siswa Kelas XII JB SMK Negeri 1 Airmadidi tahun pelajaran 2013/2014, sejumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data dalam pengabdian ini melalui kegiatan berupa: (a) wawancara; (b) observasi; (c) tes hasil belajar; (d) dokumentasi. Prosedur pelaksanaan tindakan meliputi: (a) perencanaan tindakan; (b) pelaksanaan tindakan; (c) observasi; (d) refleksi. Berdasarkan hasil pengabdian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan metode demonstration dan experiment pada mata pelajaran Melayani Makan dan Minum Jasa Boga SMK Negeri 1 Airmadidi dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut (1) Penerapan pembelajaran dengan metode demonstration dan experiment dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pelajaran Melayani Makan dan Minum Jasa Boga di SMK Negeri 1 Airmadidi. (2) Penerapan pembelajaran dengan metode demonstration dan experiment dapat meningkatkan keaktifan peserta didik dalam pelajaran Pekerjaan Melayani Makan dan Minum Jasa Boga di SMK Negeri 1 Airmadidi.


Keywords


Metode Demonstration and Experiment, Hasil dan Keaktifan belajar, Melayani Makan dan Minum

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Pengabdian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.

Aqib, Zainal. 2009. Pengabdian Tindakan Kelas. Bandung : Yrama Widya.

Boeree, George. 2008. Metode Pembelajaran dan Pengajaran. Yogyakarta : Arruzz Media.

Dimiyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran.Bandung : Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri dkk. 1997. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Echolis Jhon M., dan Hasan Shadily.1984. Andas Inggris Indonesia. Jakarta : PT. Gramedia.Cet.

Ke-8.

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Hamalik, Oemar. 2003. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendaktan Sistem. Jakarta : Bumi

Aksara.

Joni, Raka. 1992. Peningkatan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah MelaluiStrategi

Pembelajaran Aktif (Cara Belajar Siswa Aktif) dan Pembinaan Profesional Guru, Kepala

Sekolah serta Pembina Lainnya. Jakarta: Rinehart and Wiston.

J.J. Hasibuan dan Mujiono. 1993.Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT.Remaja Rosdakarya.

Moleong, L, J. 1989. Metodelogi pengabdian kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Muhibbin Syah. 1995. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung : PT.Remaja

Rosdakarya.

Mulyono, Anton. 2000. Kamus Besar Bahas Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Suharsini Arikunto. 2005. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Suradji, 2008. Strategi Belajar Mengajar. Surakarta : UPT Penerbitan dan Percetakan.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2005 tentang Sistem Pendidikan Nasional,

Jakarta: Depdiknas.

Yamin, Martinis. 2007. Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.1.1.1-10.2021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Dikmas: Jurnal Pengabdian Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnaldikmas@ung.ac.id