Bimtek Literasi dan Numerasi dalam Pembelajaran Biologi bagi Guru-guru Biologi SMA Se-Kabupaten Bogor
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andriani, P. (2015). Penalaran Aljabar dalam Pembelajaran Matematika. Beta: Jurnal
Tadris Matematika, 8(1), 1–13.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.
Atmazaki, Ali, N. B. V., Muldian, W., Miftahussururi, Hanifah, N., Nento, M. N., &
Akbari, Q. S. (2017). Panduan Gerakan Literasi Nasional.
Corebima, A. D. (2016). Pembelajaran Biologi di Indonesia Bukan untuk Hidup.
Proceeding Biology Education Conference, 13(1), 8–22
Faizah, D. U., Sufyadi, S., Anggraini, L., Waluyo, Dewayani, S., Muldian, W., &
Roosaria, D. R. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Sekolah
Dasar. In Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar (Vol. 53, Issue 9).
Haerudin. (2018). Pengaruh Literasi numerasi Terhadap Perubahan Karakter Siswa.
Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika
(Sesiomadika), 401–409.
Hasim, E. (2020). Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Perguruan Tinggi Di Masa
Pandemi Covid-19.
Prosiding Webinar Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri
Gorontalo “Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Penulisan Karya Ilmiah
Menuju Anak Merdeka Belajar,” 68–74.
Hasnawati. (2016). Description of Mathematics Literacy Ability of Students First
Secondary School State 15 Kendari Based on Content, Context, Materials, and
Process. International Journal of Education and Research, 4(11), 2016.
Indah, N., Mania, S., & Nursalam. (2016). Peningkatan Kemampuan Literasi Matematika
Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Di Kelas
Vii Smp Negeri 5 Pallangga Kabupaten Gowa. MaPan, 4(2), 200–210.
Kemdikbud. (2017). Panduan Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Kemdikbud.
Kemdikbudristek (2020). Inspirasi Pembelajaran yang Menguatkan Numerasi pada Mata
Pelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Direktorat SMP.
Kemdikbudristek (2021). Permendikbud No 57 tahun 2021 tentang Asesmen Nasional
Mullis, I. V. S., Martin, M. O., Foy, P., & Hooper, M. (2017). TIMSS 2015 International
Results in Mathematics
Schleicher, A. (2018). PISA 2018 Insights and Interpretations.
Sholihah, S. Z., & Afriansyah, E. A. (2017). Students’ Difficulties Analysis In Problem
Solving Process Of Geometry Based On Van Hiele Thinking Stages. 6, 105–116.
Tasyari, S., Putri, F. N., Aurora, A. A., Nabilah, S., Syahrani, Y., & Suryanda, A. (2021).
Identifikasi Media Pembelajaran Pada Materi Biologi Dalam Meningkatkan
Pemahaman Konsep Peserta Didik di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan
Biologi, 6(1), 1–8.
Widiastuti, E. R., & Kurniasih, M. D. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning
Berbantuan Software Cabri 3D V2 terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa.
Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1687–1699.
Yulianti, E., Jaya, I., & Eliza, D. (2019). Pengaruh Role Playing terhadap Pengenalan
Literasi Numerasi di Taman Kanak-kanak Twin Course Pasaman Barat. Aulad :
Journal on Early Childhood, 2(2), 41– 50
DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.4.1.73-80.2024
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnaldikmas@ung.ac.id