Bimtek Literasi dan Numerasi dalam Pembelajaran Biologi bagi Guru-guru Biologi SMA Se-Kabupaten Bogor

Surti Kurniasih, Rita Istiana, Indri Yani, Muhammad Taufik Awaludin, Lufty Hari Susanto, Desti Herawati, Rifki Risma Munandar

Abstract


Kemampuan literasi masyarakat Indonesia khususnya kemampuan literasi dan numerasi masih tergolong rendah. Pemicu rendahnya literasi numerasi di Indonesia masih rendah dikarenakan kurang menariknya guru dalam menerapkan model dan media pembelajaran yang dipakai. Program Studi Pendidikan Biologi bekerjasama dengan Program Studi PPG dan MGMP Biologi SMA Kabupaten Bogor mengadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dalam bentuk Bimtek Literasi dan Numerasi dalam Pembelajaran Biologi bagi Guru-guru Biologi SMA. Tujuan dari kegitan ini yaitu untuk meningkatkan keterampilan dan kompetensi Guru-Guru Biologi SMA Se-Kabupaten Bogor khususnya dalam mengembangkan pembelajaran yang berorientasi pada peningkatan literasi dan numerasi siswa. Sasaran dari kegiatan ini yaitu Guruguru Biologi Tingkat SMA Se-Kabupaten Bogor. Kegiatan ini dilaksanakan secara blended sebanyak dua pertemuan, pertemuan pertama dilaksanakan secara luring dan pertemuan kedua dilaksanakan secara daring. Materi kegiatan meliputi : Konsep Literasi dan Numerasi, Implementasi Literasi dan Numerasi dalam Pembelajaran Biologi, Pengembangan Modul Ajar Biologi berbasis literasi dan numerasi, Presentasi Produk dan penguatan. Total kegiatan dilaksanakan sebanyak 32 JP.

Keywords


bimtek literasi dan numerasi; pembelajaran biologi

Full Text:

PDF

References


Andriani, P. (2015). Penalaran Aljabar dalam Pembelajaran Matematika. Beta: Jurnal

Tadris Matematika, 8(1), 1–13.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.

Atmazaki, Ali, N. B. V., Muldian, W., Miftahussururi, Hanifah, N., Nento, M. N., &

Akbari, Q. S. (2017). Panduan Gerakan Literasi Nasional.

Corebima, A. D. (2016). Pembelajaran Biologi di Indonesia Bukan untuk Hidup.

Proceeding Biology Education Conference, 13(1), 8–22

Faizah, D. U., Sufyadi, S., Anggraini, L., Waluyo, Dewayani, S., Muldian, W., &

Roosaria, D. R. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Sekolah

Dasar. In Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar (Vol. 53, Issue 9).

Haerudin. (2018). Pengaruh Literasi numerasi Terhadap Perubahan Karakter Siswa.

Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika

(Sesiomadika), 401–409.

Hasim, E. (2020). Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Perguruan Tinggi Di Masa

Pandemi Covid-19.

Prosiding Webinar Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri

Gorontalo “Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Penulisan Karya Ilmiah

Menuju Anak Merdeka Belajar,” 68–74.

Hasnawati. (2016). Description of Mathematics Literacy Ability of Students First

Secondary School State 15 Kendari Based on Content, Context, Materials, and

Process. International Journal of Education and Research, 4(11), 2016.

Indah, N., Mania, S., & Nursalam. (2016). Peningkatan Kemampuan Literasi Matematika

Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Di Kelas

Vii Smp Negeri 5 Pallangga Kabupaten Gowa. MaPan, 4(2), 200–210.

Kemdikbud. (2017). Panduan Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Kemdikbud.

Kemdikbudristek (2020). Inspirasi Pembelajaran yang Menguatkan Numerasi pada Mata

Pelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Direktorat SMP.

Kemdikbudristek (2021). Permendikbud No 57 tahun 2021 tentang Asesmen Nasional

Mullis, I. V. S., Martin, M. O., Foy, P., & Hooper, M. (2017). TIMSS 2015 International

Results in Mathematics

Schleicher, A. (2018). PISA 2018 Insights and Interpretations.

Sholihah, S. Z., & Afriansyah, E. A. (2017). Students’ Difficulties Analysis In Problem

Solving Process Of Geometry Based On Van Hiele Thinking Stages. 6, 105–116.

Tasyari, S., Putri, F. N., Aurora, A. A., Nabilah, S., Syahrani, Y., & Suryanda, A. (2021).

Identifikasi Media Pembelajaran Pada Materi Biologi Dalam Meningkatkan

Pemahaman Konsep Peserta Didik di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan

Biologi, 6(1), 1–8.

Widiastuti, E. R., & Kurniasih, M. D. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning

Berbantuan Software Cabri 3D V2 terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa.

Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1687–1699.

Yulianti, E., Jaya, I., & Eliza, D. (2019). Pengaruh Role Playing terhadap Pengenalan

Literasi Numerasi di Taman Kanak-kanak Twin Course Pasaman Barat. Aulad :

Journal on Early Childhood, 2(2), 41– 50




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.4.1.73-80.2024

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnaldikmas@ung.ac.id