Implementasi Model-Model Pembelajaran Inovatif Abad 21 di Sekolah Dasar

Meylan Saleh, Evi Hasim, Mardia Bin Smith

Abstract


Memasuki abad 21 kemajuan teknologi tersebut telah memasuki berbagai sendi kehidupan, tidak terkecuali dibidang pendidikan. Guru dan siswa, dosen dan mahasiswa, pendidik dan peserta didik dituntut memiliki kemampuan belajar mengajar di abad 21 ini. Untuk mengembangkan pembelajaran abad 21, guru harus memulai satu langkah perubahan yaitu merubah pola pembelajaran tradisional yakni pembelajaran yang berpusat pada guru (teacher centered) menjadi pola pembelajaran yang berpusat pada siswa (student centered). Pembelajaran inovatif merupakan proses pembelajaran yang, dirancang sedemikian rupa sehingga berbeda dengan pembelajaran pada umumnya yang telah dilakukan oleh guru. Model pembelajaran Mordiscvein merupakan model pembelajaran terbaru bahkan merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan aspek 4C yang dimiliki oleh siswa. Karena model pembelajaran Mordiscvein ini dirancang sesuai dengan kebutuhan siswa di sekolah dasar.

Keywords


Model Pembelajaran Inovatif Abad 21; Model Mordiscvein;

Full Text:

PDF

References


Amornkitpinyo Thanyatorn, Wannapiroon Panita. 2015. Causal Relationship Model of

the Technology Acceptance Process of Learning Innovation in the 21ST Century

for Graduate Students. 1877-0428 © 2015 The Authors. Published by Elsevier

Ltd. This is an open access article under the CC BY-NC-ND license

(http://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/). Peer-review under

responsibility of the Sakarya University doi: 10.1016/j.sbspro.2015.02.006

Andrian Yusuf, Rusman. 2019. Implementasi Pembelajaran Abad 21 Dalam Kurikulum

https://journal.uny.ac.id/index.php/jpip/article/view/20116/12073. Vol 12,

No 1 (2019). DOI: https://doi.org/10.21831/jpipfip.v12i1.

Brendan E. Callahan, Eduardo Dopico (2016). Science teaching in science education.

Vol. 11, Iss. 2, (Jun 2016). Hal: 411-418. Journal: Cultural Studies of Science

Education; Dordrecht. (online).

https://search.proquest.com/docview/1791230883/79742902532B45A7PQ/47?a

ccountid=38628.

Carl-Johan Rundgren. (2018). Implementation of inquiry-based science education in

different countries: some reflections. Vol. 13, Iss. 2, (Jun 2018). Hal: 607-615

Journal: Cultural Studies of Science Education; Dordrech. (Online)

https://search.proquest.com/docview/2054587919/79742902532B45A7PQ/68?a

ccountid=38628.

Nunaki J H, Damopolii Insar, Kandowangko Novri, Nusantari Elya. 2019. The

contribution of metacognitive in the inquiry-based learning to students’

thinking skill based on SOLO Taxonomy. Journal of Physics: Conference

Series 1321 (2019) 032044 IOP Publishing

doi:10.1088/17426596/1321/3/032044. Journal of Physics: Conference

Series, Volume 1321, Issue 3.

Saleh Meylan, dkk. 2022. The Effectiveness of Mordiscvein Learning Model to Enhance

Student Learning Outcomes in Science Subject of IV Grade in Primary School

in Limboto District, Gorontalo Regency. Journal of Learning and Development

Studies ISSN: 2752-9541 DOI: 10.32996/jlds Journal Homepage: www.alkindipublisher.com/index.php/jlds

-------------, Abdullah Gamar, Hasim Evi, Katili Sukri. 2023. Implementasi Model

Pembelajaran Mordiscvein di Era Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal

Pengabdian Masyarakat: DIKMAS. Volume 03, (2), June 2023

http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/dikmas

Syaputra. 2018. Pembelajaran Abad 21 Dan Penerapannya Di Indonesia. Prosiding

Seminar Nasional SINASTEKMAPAN (E-Journal) 2018 p-ISSN : 2654-9697

Volume I November 2018 e-ISSN : 2654-8135.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.4.1.35-44.2024

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnaldikmas@ung.ac.id