Penguatan Kemampuan Guru Dalam Menggunakan Media Tas P3K Pada Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan di SDN 3 Kota Ternate

Wasis Nugroho, Ramli Muhammad

Abstract


Masalah kesehatan dan Kecelakaan sehari-hari disekolah masih sering terjadi, efektifitas menggunakan perlengkapan pertolongan pertama (P3K) yang tersedia menjadi hal penting. Anak usia sekolah mempunyai karakteristik seperti senang bermain, aktif bergerak, dan senang bekerja kelompok. Pertolongan pertama di sekolah adalah upaya awal maupun pertolongan dan perawatan (prehospital), Kesiapan terhadap sarana Pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) merupakan hal yang sangat penting. Metode menggunakan pendekatan Cooperatif learning dengan teknik demontrasi dan simulasi. Pelaksanaan kegiatan di bulan Oktober-November tahun 2023. Rancangan evaluasi menggunakan menggunakan Instrumen checklist dan observasi. Hasil yang diperoleh yakni jumlah responden sebanyak 20 orang yang setelah diberikan tindakan diperoleh sebesar 18 (90%). Hasil dari penilaian ketrampilan meningkat menjadi 16 Orang (80%) yang mampu melakukan tindakan. Teknik dan metode yang dipakai perlu menjadi perhatian penting. Teknik seharusnya menyesuaikan dengan keadaan peserta dan level tingkatan pendidikan. Kesimpulan adalah Terdapat peningkatan yang signifikan dari pengetahuan dan ketrampilan yang lebih baik dan benar Kepada guru dan karyawan disekolah perlu untuk menjadi perhatian terhadap masalah kesehatan dan kecelakaan sehari-hari sebab hal ini menjadi faktor penting dalam penaganan korban selanjutnya. Disisi lain, perhatian terhadap penderita akan berdampak sangat baik terhadap instansi
karena masyarakat merasa ada kepedulian dari pihak sekolah.


Keywords


kemampuan guru; pertolongan pertama;

Full Text:

PDF

References


Badan Penelitian dan Pengembangan, 2013. Riset Kesehatan Dasar (RISKESDA).

Jatmiko, S. W., Romanda, F., & Hidayatulloh, M. A. A. (2018). PENGARUH

PENYULUHAN METODE CERAMAH DALAM MENINGKATKAN

PENGETAHUAN MASYARAKAT TERHADAP PENYAKIT TUBERKULOSIS.

Jurnal Litbang Sukowati : Media Penelitian Dan Pengembangan, 2(1).

https://doi.org/10.32630/sukowati.v2i1.30

Nonasri, fitra galih. (2020). Karakteristik Dan Perilaku Mencari Pengobatan ( Health

Seeking Behavior ) Pada Penderita Hipertensi. Jmh, 02(01).

Slavin, R. E. (2015). Cooperative Learning in Schools. In International Encyclopedia of

the Social & Behavioral Sciences: Second Edition. https://doi.org/10.1016/B978-0-

-097086-8.92028-2

Kuschithawati S, 2011. Resiko terjadinya cidera pada anak usia sekolah dasar. Jurnal

berita Kedokteran Masyarakat, (Halaman 131-141) Volume 23, Nomor 03, September

Kusumaningrum R.B, 2018. Pelatihan Pertolongan Pertama pada Kegawatdaruratan di

Sekolah Children Centre Brawijaya Smart School. Internasional Journal of

Community Service Learning. Volume 2, Number 4. Tahun 2018 P-ISSN 2579.

Open Access: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJCSL.

Pusponegoro, 2011.Kegawatdaruratan dan Bencana. Rayana Komunikasindo. 2011.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.4.1.29-34.2024

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnaldikmas@ung.ac.id