Implementasi Supervisi Kelas Bersahabat dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Guru di Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kota Gorontalo

Halik S. Maranting

Abstract


Tujuan dalam Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Implementasi Supervisi Kelas baik yang dilakukan oleh pengawas maupun yang dilakukan Kepala Madrasah. Supervisi Kelas Bersahabat dapat dikatakan sebagai serangkaian kegiatan yang membantu Guru mengembangkan kemampuannya dalam mengelola proses pembelajaran untuk mencapai tujuan Pembelajaran sehingga mutu pembelajaran guru yang diharapkan dapat tercapai. Menyusun Perencanaan Program Supervisi Kelas diawal tahun dan menyusun jadwal supervisi dan team supervisor, memberikan Tindak lanjut yang dilakukan setiap rapat rutin, Memberikan Pemahaman kepada setiap Guru terkait proses Pembelajaran. Dampak dari kegiatan supervisi Kelas bersahabat berpengaruh terhadap proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru, Mulai dari kedisiplinan, kelengkapan perangkat pembelajaran, metode yang digunakan, penggunaan media sampai kepada cara penilaian peserta didik, sehingga Kegiatan supervisi yang dilaksanakan mampu meningkatkan Mutu Pembelajaran guru bahkan mampu meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah.

Keywords


Supervisi Kelas; Mutu Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Abdul Hadis & Nurhayati. (2010). Manajemen Mutu Pendidikan, (Bandung : Alfabeta

,86

Afaf Ali A, dkk. (2022). Manajemen Mutu Pembelajaran dalam Meningkatkan Hasil

Belajar Siswa di MTs Anwarul Falah Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi. Jurnal

Kajian Ilmu dan Budaya Islam, 5(2), 402.

Dedi W, dkk. (2021). Peranan Supervisi Pengawas Madrasah dalam Meningkatkan Mutu

Pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3648.

Fathul Mujib. 2008. Diktat Manajemen Lembaga Pendidikan Islam, (STAIN

Tulungagung.

Glikman, C.D., Gordon, S.P., & Gordon, J.M.R. (2007). Supervision and Instructional

Leadrship A Developmental Approach. Seventh Edition. New York: Pearson

Education, Inc.

http://apakabarpsbg.wordpress.com/2008/05/21/teknik-baru-supervisi-kelas-yanglebihbersahabat. di akses pada tanggal 15 Februari 2024.

http://krisna1.blog.uns.ac.id/2009/10/19/pengertian-dan-ciri-ciri-pembelajaran/ di akses

pada tanggal 15 Februari 2024.

Ngalimun. (2017). Strategi Pembelajaran, Yogyakarta: Penerbit Perama Ilmu, 2017.

Prasojo, L. D. (2011). Supervisi pendidikan. Yogyakarta: Gava Media.

Prim Masrokan Mutohar. (2013). Manajemen Mutu Sekolah Strategi Peningkatan Mutu

dan Daya Saing Lembaga Pendidikan Islam. Ar-Ruzz Media: Jogjakarta.

Syaiful Bahri Djamaroh, Aswan Zain. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka

cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.4.1.19-28.2024

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnaldikmas@ung.ac.id