Pengaruh Media Ular Tangga Terhadap Minat Belajar Matematika Pada Siswa Kelas III Di SDN 2 Telaga Jaya

Asni Ilham, Samsiar Rivai, Gamar Abdullah, Nafilah Basalamah

Abstract


Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah terdapat pengaruh media ular tangga terhadap minat belajar matematika pada siswa kelas 3 SDN 2 Telaga Jaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh permainan ular tangga terhadap minat belajar matematika pada siswa kelas III SDN 2 Telaga Jaya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, adapun sampel yang di ambil dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas III yang berjumlah 22 siswa. Hipotesis dalam penelitian ini yaitu “ Terdapat Pengaruh Media Ular Tangga Terhadap Minat Belajar Matematika di SDN 2 Telaga Jaya”. Berdasarkan hasil penilitian yang diperoleh menunjukkan hasil pre test dari 22 siswa terdapat 49,95% siswa yang memiliki minat belajar yang termasuk kategori minat belajar matematika rendah, sedangkan pada hasil post test dari 22 siswa terdapat 77,54 % Siswa yang memiliki minat belajar matematika yang termasuk kategori minat belajar matematika sangat tinggi. Maka hasil minat belajar matematika siswa mengalami peningkatan sebesar 27,59%. Hasil hipotesis menunjukkan nilai thitung = 0,000 < ttabel = 0,05 dengan kriteria uji hipotesisnya yaitu, Jika nilai signifikan uji t < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian terdapat pengaruh media ular tanga terhadap minat belajar matematika pada siswa kelas III di SDN 2 Telaga Jaya.

Keywords


Media Ular Tangga; Minat Belajar Matematika

Full Text:

PDF

References


Dimyati,. Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT Rineka

Citra. Tersedia dari Google book.

Friantini, R,N,. Winata, R. (2019). Analisis Minat Belajar Pada Pembelajaran

Matematika. Ngabang : Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 4 (1), 6-11.

Hasan , M., Milawati., Darodjat., Harahap , T., Tahrim, T., Anwar, A., Rahmat,

A., Masdiana., Indra, I. et al. (2021). Media Pembelajaran. Klaten : Tahta media group. Tersedia dari Google book.

Kusumo.(2020). Jenis-jenis Media Pembelajaran. Diakses pada 16 Februari 2022,

dari https://milenialjoss.com/jenis-jenis-media-pembelajaran/

Mais, Asrorul. (2016). Media Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. Jember :

Pustaka Abadi. Tersedia dari Google book.

Nurfadillah, Septy. (2021). Media Pembelajaran. Tangerang : CV Jejak. Trsedia

dari Google book.

Nurfadillah, Septy., dkk. (2021). Media Pembelajaran SD. Tangerang : CV Jejak.

Trsedia dari Google book.

Nuryadi., Astuti , T,D,. Utami , E,S,. Budiantara, M. et al. (2017). Dasar-dasar

Statistik Penelitian. Yogyakarta : Sibuku Media.

Putrawangsa, S. (2017). Desain Pembelajaran Matematika Realistik. Mataram :

CV. Reka Katra Amerta.

Ruqayyah, S., Murni, S., Linda. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Dan

Resilensi Matematika Dengan VBA Microsoft Excel. Purwakarta : CV. Tre Alea Jacta Pedagogie. Tersedia dari Google book.

Satrianawati. (2018). Media Dan Sumber Belajar. Yogyakarta : Deepublish (CV

Budi Utama). Tersedia dari Google book.

Siyoto, S,. Sodik, M, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta :

Literasi media publishing.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D.Bandung :

Alfabeta.

Sukiman. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta : Pedagogia .

Tersedia dari Google book.

Zebua, T.G. (2021) . Menggagas Konsep minat Matematika. Gunungsitoli :

Guepedia. Friantini.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.3.4.901-914.2023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnaldikmas@ung.ac.id