Meningkatkan Kemampuan Membaca Teks Dongeng Melalui Media Pop Up Book Pada Siswa Kelas II SDN 29 Tibawa Kabupaten Gorontalo

Evi Hasim, Ratnarti Pahrun, Salma Halidu, Windi Rahmawati Thalib

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah melalui media Pop Up Book kemampuan membaca teks dongeng pada siswa kelas II SDN 29 Tibawa Kabupaten Gorontalo dapat meningkat?” Tujuan adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca teks dongeng melalui media Pop Up Book pada siswa kelas II SDN 29 Tibawa Kabupaten Gorontalo. Jenis penelitian yang dipakai adalah jenis penelitian PTK. Teknik pengumpulan data yang dipakai yaitu teknik observasi, tes dan dokumentasi. Metode penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan melalui 4 tahap yakni : Tahap Persiapan, Tahap Pelaksanaan, Tahap Pemantauan dan Evaluasi serta Tahap Analisis dan Refleksi, dengan jumlah 12 Siswa. Hasil observasi awal menunjukkan siswa membaca teks dongeng sangat rendah dengan 4 orang siswa yang mampu atau 33%, sedangkan siswa yang tidak mampu 8 siswa atau 66%. Pada siklus I pertemuan I meningkatkan menjadi 5 siswa dikategorikan mampu dengan persentasi 41% dan yang tidak mampu 7 siswa dengan persentasi 58%. Pada siklus I pertemuan II meningkat menjadi 6 siswa yang dikategorikan mampu dengan presentasi 50% dan yang tidak mampu 6 siswa dengan presentasi 50%. Pada siklus II pertemuan I meningkat menjadi 8 siswa yang dikategorikan mampu dengan presentasi 66% dan yang tidak mampu 4 siswa dengan presentasi 33%. Pada siklus II pertemuan II meningkat menjadi 11 siswa yang dikategorikan mampu dengan presentasi 91% dan yang tidak mampu 1 siswa dengan presentasi 8%, maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam membaca dongeng dapat ditingkatkan melalui penggunaan media Pop Up Book.


Keywords


Membaca; Teks Dongengl; Pop Up Book

Full Text:

PDF

References


Dalman. (2014). Keterampilan Membaca. Jakarta. Rajawali Pers.

Ginting, M. B. (2020). Buku Ajar Bahasa Indonesia Sekolah Dasar Kelas Rendah. Penerbit Lakeisha.

Handaruni Dewanti, Anselmus JE Toenlioe, Yerry Soepriyanto (2018). Pengembangan Media Pop-Up Book Untuk Pembelajaran Lingkungan Tempat Tinggalku Kelas Iv Sdn 1 Pakunden Kabupaten Ponorogo. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan Pengarang

Harahap, R. A. S. (2019). Membangun kecerdasan anak melalui dongeng. Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 60-63. https://journal.uir.ac.id/index.php/generasiemas/article/view/3302 (Diakses pada tanggal 3 Januari 2023). http://journal2.um.ac.id/index.php/bibliotika/article/download/703/438 (Diakses pada tanggal 6 Januari 2023)

Putrayasa, I. B., & Sudiana, I. N. (2021). Membentuk Karakter Anak Melalui Habituasi Dongeng Pada Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 8(2), 70. https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JIBS/article/view/6259 (Diakses pada tanggal 6 Januari 2023)

Rosidah, C. T., & Rusminati, S. H. (2017). Mendongeng Sebagai Media Menumbuhkan Karakter dan Nilai Budaya Bangsa Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru, 1(1), 44. https://pigur.ejournal.unri.ac.id/index.php/pigur/article/view/5411 (Diakses pada tanggal 3 Januari 2023)




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.3.4.885-900.2023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnaldikmas@ung.ac.id