Penggunaan Media Canva Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Surat Undangan Pada Siswa Kelas V SDN 76 Kota Tengah Kota Gorontalo

Ratnarti Pahrun, Salma Halidu, Evi Hasim, Wiwin Malengga

Abstract


Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah penggunaan media canva dapat meningkatkan kemampuan menulis surat undangan pada siswa kelas V SDN 76 Kota Tengah Kota Gorontalo?”. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis surat undangan dengan menggunakan media canva pada siswa kelas V SDN 76 Kota Tengah Kota Gorontalo. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan bahwa pada observasi awal diperoleh data dari jumlah 20 siswa hanya 6 siswa atau 30% yang mampu menulis surat undangan. Sedangkan 14 siswa atau 70% tidak mampu menulis surat undangan. Berikut uraian hasil pada siklus I pertemuan pertama mengalami peningkatan menjadi 9 siswa atau 45% yang mampu, dan 11 siswa atau 55% tidak mampu. Pada siklus I pertemuan kedua meningkat menjadi 12 siswa atau 60% yang mampu, dan 8 siswa atau 40% tidak mampu. Kemudian pada siklus II pertemuan pertama mengalami peningkatan menjadi 14 siswa atau 70% yang mampu, dan 6 siswa atau 30% tidak mampu. Pada siklus II pertemuan kedua meningkat menjadi 17 siswa atau 85% yang mampu, dan 3 siswa atau 15% yang tidak mampu menulis surat undangan dari 20 siswa kelas V SDN 76 Kota Tengah Kota Gorontalo. Dengan demikian disimpulkan bahwa melalui penggunaan media canva kemampuan siswa dalam menulis surat undangan meningkat.

Keywords


Media Canva; Kemampuan Menulis; Surat Undangan

Full Text:

PDF

References


Andreansyah, R. D., Maulani, C. R., & Putri, F. Y. 2022. Profesional dalam Graphic Design. Jawa Timur: Uwais Inspirasi Indonesia.

Astuti, Y. D. 2022. Pengaruh Media Canva Terhadap Keterampilan Menulis Surat Undangan Tidak Resmi Siswa Kelas V SD Insan Mulya Kota Baru Driyorejo Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Unesa, 9(9), 148-149. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bapala/article/view/48937/40730 (Diakses pada tanggal 7 Januari 2023)

Jupri. 2022. Strategi Penerapan Pembelajaran TTW (Think Talk Write) Berbantuan Canva Dalam Meningkatkan Keterampilan Membuat Kartu Ucapan Selamat Siswa Kelas X IPA 3 SMAN 1 Pringgarata. Educator: Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik dan Kependidikan, 2(1), 98. https://www.jurnalp4i.com/index.php/educator/article/download/1094/1098 (Diakses pada tanggal 7 Januari 2023)

Kemal, I., & Fitriani. 2019. Kemampuan Menulis Surat Undangan Siswa Kelas VD MIN Masjid Raya Banda Aceh. Jurnal Tunas Bangsa, 1(1), 24. https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa/article/download/592/550 (Diakses pada tanggal 6 Desember 2022)

Parnawi, A. 2020. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research).

Yogyakarta: Deepublish.

Pelangi, G. 2020. Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo Unpam, 8(2), 87-88 dan 92-94.

http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Sasindo/article/view/8354 (Diakses pada tanggal 7 Januari 2023)

Prastowo, A. 2019. Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Kencana.

Pratiwi, U. 2021. Mudah Belajar Desain Grafis Dengan Aplikasi Canva.Yogyakarta: Diva Press.

Rosidah, C. T., dkk. 2021. Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Di SD/MI Kelas Tinggi. Jawa Barat: Media Sains Indonesia.

Triningsih, D. E. 2021. Penerapan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Kemampuan Menyajikan Teks Tanggapan Kritis Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek. Cendekia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 15(1),131. https://cendekia.soloclcs.org/index.php/cendekia/article/download/667/603 (Diakses pada tanggal 7 Januari 2023)




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.3.4.869-884.2023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnaldikmas@ung.ac.id