Pengembangan Media Power Point Interaktif Dalam Literasi Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SDN 11 Batudaa Pantai

Salma Halidu, Evi Hasim, Ratnarti Pahrun, Choirunisa Choirunisa

Abstract


Pengembangan media power point interaktif dalam literasi membaca pemahaman khususnya tingkat sekolah dasar, guru dituntut untuk beradaptasi dan berinovasi untuk melakukan pembelajaran dengan penyesuaian perkembangan zaman. Apakah media pembelajaran interaktif layak untuk digunakan. Tujuan dalam penelitian ini Untuk mengembangan media power point interaktif dalam literasi membaca pemahaman siswa kelas V di SDN 11 Batudaa Pantai, untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif yang dikembangkan. Pada penelitian pengembangan ini peneliti menggunakan model pengembangan 4-D yaitu (define, design, develop, dan disseminate). Jenis penelitian ini menggunakan studi kasus dengan jenis penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi, dan wawancara yang dilakukan pada guru wali kelas V SDN 11 Batudaa Pantai. Kelayakan bahan ajar berbasis kearifan lokal dilihat berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi, ahli media, guru (praktisi), dan juga uji coba oleh siswa. Dari hasil validasi diperoleh presentase kelayakan sebesar 94% atau berkategori “sangat layak”. Hasil validasi ahli materi pertama memperoleh presentase kelayakan sebesar 96%, hasil validasi ahli materi kedua memperoleh presentase kelayakan sebesar 91%, hasil validasi ahli media memperoleh presentase kelayakan sebesar 90%, ahli praktisi memperoleh presentase kelayakan sebesar 100% dan hasil uji coba oleh siswa memperoleh persentase kelayakan sebesar 93% atau berkategori sangat layak.

Keywords


Pengembangan; Power Point Interaktif; Literasi Membaca Pemahaman

Full Text:

PDF

References


Haerani, Wahyu Evi (2017) Pengembangan media pembelajaran power point interaktif mengacu pada kurikulum SD 2013 subtema gaya dan gerak kelas IV. Skripsi thesis, Sanata Dharma University. Diakses pada tanggal 27 Oktober 2022. http://repository.usd.ac.id/id/eprint/12385.

Mulyatiningsih, Endang 2013. Pengembangan Model Pembelajaran (online). Tersedia : http/staff,uny.ac.id/Sites/default/files/pengabdian/dra-endang- mulyaningsih-mpd/7cpengembangan-model-pembelajaran.Pdf(27November 2013)

Munir, M. (2012). Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Putri, F. A. B., & Rezkita, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Powerpoint Interaktif Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Gondolayu. Trihayu: Jurnal Pendidikan KeSD-An, 5(3), 684–693. http://dx.doi.org/10.30738/trihayu.v5i3.6122

Rizki SW. (2013) Penggunaan Media Microsoft Office Power Point yang Baik dalam Pembelajaran Matematika. Indralaya: Jurnal Universitas Sriwijaya

Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.3.4.855-868.2023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnaldikmas@ung.ac.id