Pengembangan Media Power Point Interaktif Dalam Literasi Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SDN 11 Batudaa Pantai
Salma Halidu, Evi Hasim, Ratnarti Pahrun, Choirunisa Choirunisa
Abstract
Pengembangan media power point interaktif dalam literasi membaca pemahaman khususnya tingkat sekolah dasar, guru dituntut untuk beradaptasi dan berinovasi untuk melakukan pembelajaran dengan penyesuaian perkembangan zaman. Apakah media pembelajaran interaktif layak untuk digunakan. Tujuan dalam penelitian ini Untuk mengembangan media power point interaktif dalam literasi membaca pemahaman siswa kelas V di SDN 11 Batudaa Pantai, untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif yang dikembangkan. Pada penelitian pengembangan ini peneliti menggunakan model pengembangan 4-D yaitu (define, design, develop, dan disseminate). Jenis penelitian ini menggunakan studi kasus dengan jenis penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi, dan wawancara yang dilakukan pada guru wali kelas V SDN 11 Batudaa Pantai. Kelayakan bahan ajar berbasis kearifan lokal dilihat berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi, ahli media, guru (praktisi), dan juga uji coba oleh siswa. Dari hasil validasi diperoleh presentase kelayakan sebesar 94% atau berkategori “sangat layak”. Hasil validasi ahli materi pertama memperoleh presentase kelayakan sebesar 96%, hasil validasi ahli materi kedua memperoleh presentase kelayakan sebesar 91%, hasil validasi ahli media memperoleh presentase kelayakan sebesar 90%, ahli praktisi memperoleh presentase kelayakan sebesar 100% dan hasil uji coba oleh siswa memperoleh persentase kelayakan sebesar 93% atau berkategori sangat layak.
Keywords
Pengembangan; Power Point Interaktif; Literasi Membaca Pemahaman
Haerani, Wahyu Evi (2017) Pengembangan media pembelajaran power point interaktif mengacu pada kurikulum SD 2013 subtema gaya dan gerak kelas IV. Skripsi thesis, Sanata Dharma University. Diakses pada tanggal 27 Oktober 2022. http://repository.usd.ac.id/id/eprint/12385.
Mulyatiningsih, Endang 2013. Pengembangan Model Pembelajaran (online). Tersedia : http/staff,uny.ac.id/Sites/default/files/pengabdian/dra-endang- mulyaningsih-mpd/7cpengembangan-model-pembelajaran.Pdf(27November 2013)
Munir, M. (2012). Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Putri, F. A. B., & Rezkita, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Powerpoint Interaktif Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Gondolayu. Trihayu: Jurnal Pendidikan KeSD-An, 5(3), 684–693. http://dx.doi.org/10.30738/trihayu.v5i3.6122
Rizki SW. (2013) Penggunaan Media Microsoft Office Power Point yang Baik dalam Pembelajaran Matematika. Indralaya: Jurnal Universitas Sriwijaya
Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
View My StatsPublisher: Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnaldikmas@ung.ac.id