Meningkatkan Kemampuan Menemukan Rumus Luas Segitiga Melalui Model Discovery Learning Di kelas III SDN I Tapa

Samsiar RivaI, Gamar Abdullah, Asni Ilham

Abstract


Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah :”Apakah dengan melalui modeldiscovery learning kemampuan menemukan rumus luas segitiga pada siswa kelas III SDN 1 Tapa dapat meningkat?”. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menemukan rumus luas Segitiga melalui modeldiscovery learningpada siswa kelas III SDN 1 TAPA Kecamatan Tapa Kabupaten Bone Bolango. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I dari 15 siswa yang dikenakan tindakan terdapat 6 siswa (40%) yang memperoleh nilai 75 ke atas. Dengan demikian belum mencapai indikator yang telah ditetapkan yakni minimal 80% siswa memperoleh nilai 75 keatas sehingga dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II terdapat 13 siswa (87%) yang memperoleh nilai 75 keatas. Dengan demikian disimpulkan bahwa dengan melalui model discovery learning kemampuan menemukan rumus luas segitiga pada siswa kelas III SDN 1 Tapa meningkat.

Keywords


Kemampuan; Luas Segitiga; Discovery Learning

Full Text:

PDF

References


Cahyo, Agus N. 2013. Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar Teraktual dan Terpopuler. Diva Press.

Darmawan dan Dinn Wahyudin. 2018. Model Pembelajaran Di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Elfawati. (2012). Bangun Datar. Diakses dari https://www.pelajaran.co.id/bangun- datar/#Elfawati_2012201padatanggal22februari2022.

Kuniasih, Imas dan Berlin Sani. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan. Surabaya. Kata Pena.

Putrayasa, Syahruddin dan I Gede Margunayasa. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Minat Belajar Siswa. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha.

Purwoto. 2002. Pendidikan Matematika II. Surakarta: UNS Press.

PanaI, Saleh dan Gamar Abdullah. 2018. Panduan Pembelajaran Sains Berbasis Karya Ilmiah Bagi Guru Sekolah Dasar. Yogyakarta: Zahir Publishing.

Roestiyah. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. Rineka Cipta.

Suryosubroto, B. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka cipta.

Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suherman, Erman dkk. 2011. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Jica.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.3.4.843-854.2023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnaldikmas@ung.ac.id