Workshop Keramik Teknik Pinch Untuk Anak-Anak SD Dengan Publikasi Video di Youtube

Dona Prawita Arissuta, Sigit Purnomo Adi

Abstract


Anak-anak dimasa pandemi terbiasa dengan gadget baik untuk sarana sekolah, sarana bermain, sarana belajar dan sarana berhubungan atau bergaul. Saking intimnya mereka banyak yang terkena Gadged addictic . untuk meminimalisir supaya anak-anak tidak terkena itu, kegiatan yang bersifat motorik dan dilakukan dengan banyak anak akan memberikan ruang kepada mereka untuk belajar, bermain, berteman, salah satunya adalah dengan kegiatan workshop membuat keramik dengan teknik pich, yang bisa mengeksplore kemampuan mereka dalam berimajinasi dan menuangkan dalam karya benda keramik. Keramik dalam pembuatannya sangat memerlukan ketelatenan, kesabaran dan imajinasi yang tinggi, karena serangkaian proses yang harus dilalui sehingga menjadi karya yang siap dinikmati.

Keywords


Gadged addictic; teknik pinch; workshop keramik

Full Text:

PDF

References


Adi, S. P. (2022). Cetak Sablon dalam Karya Seni Grafis (B. Nofianto (ed.)). Ideas Publishing.

Adi, S. P. (2023). TRANSFORMASI DAN TRANSFIGURASI RONGSOK DALAM SENI CETAK TINGGI MELALUI PERSPEKTIF ECOART. ISI Surakarta.

Adi, S. P., & Marutama, I. G. N. T. (2019). PEMANFAATAN KOLASE DENGAN MEDIA KERTAS DAN PLASTIK BEKAS DALAM KARYA MONOPRINT. Brikolase: Jurnal Kajian Teori, Praktik Dan Wacana Seni Budaya Rupa, 11(1), 70–75.

Chusna, P. A., & others. (2017). Pengaruh media gadget pada perkembangan karakter anak. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 17(2), 315–330.

Eskak, E. (2013). Metode Pembangkitan Ide Kreatif Dalam Penciptaan Seni. Corak, 2(2). https://doi.org/10.24821/corak.v2i2.2338

Maria, I., & Novianti, R. (2020). Efek Penggunaan gadget pada masa pandemi covid-19 terhadap perilaku anak. Aṭf{=a}luna: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(2), 74–81.

Piliang, Y. A. (2019). Medan Kreativitas Memahami Dunia Gagasan. Cantrik Pustaka.

Prawita Arissuta, D. (2023). Adaptasi Kisah Relief Candi Sojiwan Dalam Media Keramik Benda Keseharian. Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Rista Sundari, D. R. R. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 1866. https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf

Sachari, A. (1986). Seni, Desain & Teknologi (Antologi Kritik, Opini dan Filosofi) (1st ed.). Pustaka Bandung.

Sadilah, E. (2010). Industri Kreatif Limbah Tempurung Kelapa. Jurnal Sejarah Dan Budaya, V(9), 720–728.

Susanto, M. (2003). Membongkar Seni Rupa. Buku Baik.

Swasono, M. A. H., Sa’diyah, A. I., Niafitri, R. E., & Hidayanti, R. (2020). Membangun Membangun Kebiasaan Membaca pada Anak di masa Pandemi Covid-19 melalui Program Satu Jam Tanpa Gawai di Griya Baca Desa Karangrejo. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 38–50. https://doi.org/10.32815/jpm.v1i2.236




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.3.4.805-814.2023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnaldikmas@ung.ac.id