Pengembangan Ekonomi Kerakyatan; Keterampilan Hollow Brick dan Paving Block bagi Pemuda Putus Sekolah di Desa Klabat Kecamatan Dimembe Kabupaten Minahasa Utara
Abstract
Pasir sebagai potrensi sumber daya alam, menjadi salah satu sumber material utama untuk pembangunan fisik baik rumah pribadi, gedung publik maunpun prasarana jalan dan nubusan saluran air. Potensi ini yang mendorong dilaksanakannya program pengabdian kepada masyarakat Unima dengan program “Penhembangan Ekonomi Kerakyatan melalui Keterampilan Hollow Brick dan Paving Block bagi Pemuda Putus Sekolah di Desa Klabat Kecamatan Dimembe Kabupaten Minahasa Utara terhadap 2 kelompok masing-masing 8 orang tiap kelompok pemuda putus sekolah melalui pendekatan pendidikan dan pelatihan teori dan praktek selama 30 hari kerja. Program ini melibatkan 2 orang nara sumber mitra CV.Novanza Tomohon masing-masing untuk nara sumber hollow brick dan paving block. Dalam proses pendidikan dan pelatihan, narasumber memberikan konsep teori dan prospek kebutuhan dan pemasaran produk usaha hallow brick dan paving block serta teknik pengelolaan dan proses produktinya. Warga belajar secara bergilir mendapat tugas untuk melaksanakan praktek proses produksi sehingga semua peserta mengetahui, memahami dan menguasai komposisi campuran material, komposisi air, teknis mencetak dan proses pengeringan sampai pada teknis pemasaran. Hasil pendidikan dan pelatihan semua peserta telah terampil mengelola proses produksi hollow brick dan paving block serta setiap kelompok telah membentuk usaha produksi hollow brick dan paving block dengan membagi tugas kerja masing-masing. Dari peserta ini terdapat 4 orang peserta yang ditetapkan sebagai narasumber bagi pemuda putus sekolah lainnya yang ingin bergabung. Diharapkan dukungan pemerintah lewat dinas sosial, dinas tenaga kerja dan pemerintah setempat untuk terus memperhatikan pengembangan usaha ini ke depan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Edi Suharto, (2009), Membangun Masyarakat Memberdayakan Masyarakat: Kajian Strategis Pembangunan Kesejahteraan Sosial dan Pekerjaan Sosial, PT Refika Aditama: Bandung
H.A.R. Tilaar, (2015) Pedagogik Teoretis Untuk Indonesia, Kompas Penerbit Jakarta
Ismail Nawawi, (2006), Pembangunan ddan Problema Masyarakat: Kajian Konsep, Model, Teori dari Aspek Ekonomi dan Sosiologi, ITS Press, Institut Teknologi Sepuluh Nopember: Surabaya
Pinontoan, M. (2020), Konsep Dasar Kemiskinan dan Strategi Pemberdayaan Masyarakat: Suatu Kajian Teoritis, Pragmatis dan Holistik, Penerbit NEM, Yogyakarta, Anggota IKAPI.
--------------, (2021), Teori dan Praktik Pendidikan Kewirausahaan, Penerbit NEM,
Yogyakarta, Anggota IKAPI.
Wullur Mozes M., (2010), Perencanaan Pendidikan Luar Sekolah, Penerbit Cahaya Abadi: Tulung Agung
--------------, (2023). People’s Economic Development Post Covid-19, Novateur `
Publication, Indoa, Review and Research in Freedon to Learn.
-------------, at all. 2023, Alphabet Flashcard: Instructional Media in the Process
of Learning While Playing at the Community Learning Activity Center, Al-
Ishlah Jurnal Pendidikan Sinta 2 DOI : https://doi.org./10.35445/
alishlah.v15i2.3240.
DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.3.4.793-804.2023
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnaldikmas@ung.ac.id