Branding dan E-Commerce Meningkatkan Produktivitas UMKM

Tri Suminar, Tri Joko Raharjo, Yudi Siswanto, Markhamah Watianur Azizah, Riduwan Riduwan, Safira Arbella Aurell Urrofik

Abstract


Keberadaan UMKM sangat mendukung perekonomian masyarakat desa, terutama di wilayah desa wisata yang sekaligus berperan sangat penting dalam perkembangan desa wisata. Namun UMKM Mekasari di desa wisata Kandri Kota Semarang memiliki masalah penurunan omzet penjualan. Tujuan pengabdian adalah mendampingi komunitas UMKM Mekarsari dalam usaha meningkatkan produktivitasnya dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi (TI) dalam promosi dan pemasaran. Kegiatan pengabdian menggunakan pendekatan Participatory Rural Appraisal (PRS) yang memberi kesempatan mitra berpartisipasi aktif mulai dari menyusun perencanaan, pelaksanaan sampai evaluasi kegiatan dan menggunakan metode workshop learning by doing. Hasil kegiatan adalah UMKM Mekarsari dapat menciptakan branding yang menjadi daya pikat konsumen dengan aplikasi canva, membuat video pendek dengan aplikasi catcut, terampil mengemas produk yang aman dan menarik serta dapat membuat akun media sosial, membuka toko online dan terampil bertransaksi penjualan secara online. Dampaknya produk UMKM memiliki pangsa pasar lebih luas dan mudah bertransaksi jual beli online, sehingga produktivitasnya meningkat.

Keywords


Branding; E-commerce; Produktivitas UMKM; Pendekatan Participatory Rural Appraisal (PRS)

Full Text:

PDF

References


Ahmadi. (2020). Pengaruh E-commerce, Promosi Penjualan, dan Gaya Hidup terhadap Perilaku Pembelian Impulsif. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(2), 481–493. https://doi.org/10.38035/JMPIS

Defri, I., Furkhon, A. Al, Anastasia, B. W., & Saputro, E. A. (2022). Re-branding UMKM Kelurahan Kedundung Mojokerto Melalui Logo Baru yang Unik dan Menarik. Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknik Mesin (Abdi-Mesin), 2(1), 10–19.

Febriyanti, A. F. (2023). Strategi kewirausahaan carica gemilang dalam masa pandemi di desa bojasari kecamatan kertek kabupaten wonosobo skripsi.

Khosyiin, M. I., & Fakhruddin, M. (2022). Evaluasi Program Pelatihan Model Kirkpatrick. Cermin: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Berbasis Islam Nusantara, 1(2), 42–46. https://ejournal.staida-krempyang.ac.id/index.php/CERMIN

Muhammad Arismal Rezki, D. H. (2019). Efektivitas strategi promosi produk kopi lokal di rumah kopi ranin. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 17(1), 38–54.

Nurdin, A. (2016). Pendidikan Life Skill Dalam Menumbuhkan Kewirausahaan Pada Peserta Didik Pendidikan Nonformal Paket C. Tarbawi, 2(20), 109–118.

Nurul Ainun, Altri Wahida, R. M. (2023). PENTINGNYA PERAN LOGO DALAM MEMBANGUN BRANDING. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, 6(1), 674–681.

Ord, J., & John, S. (2015). John Dewey and Experiential Learning : Developing the theory of youth work John Dewey and Experiential Learning : Developing the theory of youth work. March 2012.

Ramsgaard, M. B. (2018). Experiential learning philosophies of enterprise and entrepreneurship education. In Experiential Learning for Entrepreneurship: Theoretical and Practical Perspectives on Enterprise Education. https://doi.org/10.1007/978-3-319-90005-6_1

Siswanto, S. (2013). Literasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK) masyarakat desa pantai. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 16(2), 81.

Suminar, T., Raharjo, T. J., Siswanto, Y., Aslikhah, A., & Watianur, L. M. (2023). Pelatihan Kewirausahaan Home Industry Ramah Lingkungan pada Wisata Kampung Jawi Kota Semarang. Jurnal Pendidikan Masyarakat Dan Pengabdian, 03(June), 283–290.

Surahman, Y. T., Fauziati, E., Magister, P., Dasar, P., & Surakarta, U. M. (2021). Maksimalisasi Kualitas Belajar Peserta Didik Menggunakan Metode Learning By Doing Pragmatisme By John Dewey. 3(2), 137–144.

Todar, M. P., Tumbel, A., Jorie, R. J., Sam, U., & Manado, R. (2020). Pengaruh Persepsi Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan ( Amdk ) Galon Merek Aqua The Effect Of Brand Perception And Product Quality Toward Purchase Decision Gallon Bottle Drinking WateR AQUA BRAND. EMBA (Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntasi), 8(3).

Ulfah Indriania, Nita Syahputrib, Z. A. (2022). Pelatihan Membuat Logo Kemasan Makanan dengan Canva dan Microsoft Word. Abdimas Berkarya, 64–67.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.3.4.783-792.2023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnaldikmas@ung.ac.id