Media Audio Visual Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Tematik Pada Siswa Kelas Enam UPT SPF SDN Bontorannu II Kecamatan Mariso Kota Makassar

Surakhman Surakhman, Abdul Rahmat

Abstract


Media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran tematik. Pembelajaran tematik merupakan pembelajaran terpadu yang menekankan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Pembelajaran tematik terdapat materi yang pada dasarnya membutuhkan visualisasi bukan hanya konsep semata yang abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar pelajaran Tematik melalui media audio visual pada siswa kelas VI UPT SPF SD Negeri Bontorannu II Kecamatan Mariso Kota Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelkas (PTK) dan metode penelitian menggunakan metode kurt Lewin yang terdiri dari empat komponen, yaitu: Perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah dengan menggunakan instrumen lembar observasi digunakan untuk mengukur efektivitas pembelajaran serta partisipasi siswa dalam proses pembelajaran Instrumen tes akhir. Hasil penelitian tindakan kelas (PTK) yaitu; Penerapan media audio visual dapat meningkatkan motivasi belajar, semangat belajar dan yang paling penting meningkatkan hasil belajar pelajaran tematik bagi siswa kelas VI UPT SPF SD Negeri Bontorannu II Kecamatan Mariso Kota Makassar. Hal ini dibuktikan dengan lembar observasi dan tes yang telah diberikan. Penerapan media audio visual memberikan pembelajaran yang menggembirakan, menyenangkan, mudah dipahami, kreatif, sederhana, dinamis, dan memberikan pengalaman media baru berupa audio dan visual kepada murid.

Keywords


Media audio visual; hasil belajar mata pelajaran tematik

Full Text:

PDF

References


Arianto.2011.Media Pembelajaran. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Direktorat Tenaga Kependidikan.

Arikunto, Surhasimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Dr. Wina Sanjaya.2006. Strategi pembelajaran Berorientasi Standart Proses Pendidikan,. Jakarta : Kencana Prenada Media.

Azhar Arsyad. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada. Indriana, Dina. Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Yogjakarta.Diva Press.

Nana Sudjana.2009. Media Pengajaran. Bandung : Sinar Baru Algensindo Nita.2011.Bagaimana MemotivasiAnak Belajar. Penterjemah:Ismail Isdito. Jakarta : PT Grasindo.

Raharjo, Dwi dkk. 2020. Peningkatan Motivasi dan Persentasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Lerning (PBL) pada Pembelajaran Tematik Kelas II Sekolah dasar negeri Bokaharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman. (Online)

http://eprints.uad.ac.id/21482/1/25.%20Dwi%20Raharjo%20%281361- 1373%29.pdf

Slameto. 2009. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempegaruhinya. Jakarta. PT. Rineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.3.4.765-776.2023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnaldikmas@ung.ac.id