Mapping Model Psikoedukasi untuk Mengatasi Kecemasan Menghadapi Ujian

Irma Muti, Istikhori Istikhori, Eneng Yeni Mariah, Idrussalam Idrussalam

Abstract


Tujuan dilaksanakannya pengabdian ini adalah untuk memberikan edukasi kepada peserta didik mengenai kecemasan menghadapi ujian, serta cara mengatasi kecemasan ujian tersebut. Metode pelaksanaan pengabdian ini melalui pemberian psikoedukasi melalui media poster yang isinya meliputi defenisi kecemasan ujian, perbedaan kecemasan dan rasa takut, dampak kecemasan terhadap ujian, tanda-tanda kecemasan menjelang ujian, faktor-faktor kecemasan pada saat menjelang ujian, serta cara mengatasi kecemasan ujian. Pelaksanaan psikoedukasi berlangsung selama 1 minggu melalui aplikasi whataspp dan Instagram. Peserta pelaksanaan psikoedukasi ini adalah 20 orang peserta didik. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa psikoedukasi melalui poster dapat meningkatkan pengetahuan peserta tentang kecemasan ujian serta cara 95% responden menyatakan poster memberikan manfaat dan 5% orang belum memahami ini poster tersebut.

Keywords


psikoedukasi; kecemasan ujian; poster

Full Text:

PDF

References


Anwar, R. N. (2021). Pelaksanaan kampus mengajar angkatan 1 Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(1), 210–219.

Arbarini, M., Rahmat, A., Ismaniar, I., Siswanto, Y., & others. (2022). Equivalency Education: Distance Learning and Its Impact in Indonesia. Journal of Nonformal Education, 8(1).

Meke, K. D. P., Astro, R. B., & Daud, M. H. (2022). Dampak Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) pada Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 675–685.

Mobo, F. D., Garcia, A. L. R., & Rahmat, A. (2022). The Cultural Perspective Of Filipino In Times Of Pandemic. Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat Dan Pengabdian, 2(1), 239–244.

Nehe, B. M. (2021). Analisis konsep implementasi merdeka belajar-kampus merdeka dalam mengahadapi era revolusi industri 4.0 di masa pendemik di STKIP Setia Budhi Rangkasbitung 2021. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Setia Budhi, 1(1), 13–19.

Prakoso, B. H., Ramdani, Z., & Rahmah, B. (2021). Teacher’S Perception on Merdeka Belajar Policy. Indonesian Journal of Educational Assessment, 3(2), 1–10.

Purwanti, E. (2021). Preparing the implementation of merdeka belajar--kampus merdeka policy in higher education institutions. 4th International Conference on Sustainable Innovation 2020--Social, Humanity, and Education (ICoSIHESS 2020), 384–391.

Sihombing, A. A., Anugrahsari, S., Parlina, N., & Kusumastuti, Y. S. (2021). Merdeka Belajar in an Online Learning during The Covid-19 Outbreak: Concept and Implementation. Asian Journal of University Education, 17(4), 35–48.

Yusuf, M., & Arfiansyah, W. (2021). Konsep “Merdeka Belajar” dalam Pandangan Filsafat Konstruktivisme. AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 7(2), 120–133.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.3.4.751-756.2023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnaldikmas@ung.ac.id