Pendidikan Kesehatan Melalui Pelatihan Sebagai Upaya Preventif LGBT dan Anemia di SMA Gajah Mada

Hanna Sriyanti Saragih, Lusiana Gultom, Rohani Retnauli Simanjuntak

Abstract


Pada masa remaja usia 10-19 tahun terjadi perubahan fisik, alat reproduksi, kognitif dan psikososial. Anemia pada remaja putri berdampak pada pertumbuhan dan perkembangan, daya tahan terhadap penyakit infeksi, aktivitas, konsentrasi dan kecerdasan serta daya tangkap. Sebagai calon ibu, kebutuhan zat besi remaja putri lebih banyak agar tidak terjadi defisiensi sebelum hamil. Bila kebutuhan tersebut tidak terpenuhi, maka akan berdampak pada kelahiran bayi antara lain lahir prematur, abnormal, berat badan lahir rendah, bahkan kematian ibu dan beberapa lembaga survei independen dalam maupun luar negeri menyebutkan bahwa Indonesia memiliki 3% penduduk LGBT, yang berarti 7,5 juta dari 250 juta penduduk indonesia adalah LGBT Dengan menetapkan langkah kerja dalam pengabdian masyarakat sebagai berikut: Menetapkan jumlah peserta pelatihan yaitu remaja, setiap peserta dikumpulkan disuatu ruangan, dan memberi materi pelatihan tentang pendidikan seks dan pendidikan gizi melalui pelatihan dan konseling sebagai upaya preventif penyimpangan LGBT dan pencegahan Anemia di SMA Gajah Mada Medan. Berdasarkan pengabdian masyarakat yang telah dilaksanakan terlihat bahwa siswa yang ada di SMA Gajah Mada Medan dapat mengetahui tentang Pendidikan seks dan Pendidikan gizi dalam mencegah penyimpangan LGBT dan Anemia. Remaja dapat secara mandiri menjadi agent of change serta menjadi peer educator bagi teman sebayanya, mahasiswa dapat dibantu dengan dilakukannya penyuluhan pada peserta didiknya. Pemberdayaan remaja dapat meningkatkan pengetahuan remaja sehingga terjadi optimalisasi pencegahan LGBT dan Anemia pada remaja.

Keywords


Pelatihan; Pencegahan LGBT dan Anemia; Remaja

Full Text:

PDF

References


Atikah Rahayu, (2020). Pemeriksaan Status Gizi Indeks Massa Tubuh Menurut Umur untuk Deteksi Dini Status Gizi Tidak Normal pada Remaja Puteri. Jurnal Abdimas Kesehatan (JAK) Vol . 2 No. 2, Juni 2020, diakses 14 November 2023.

Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) (2018). Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian RI tahun 2018. http://www.depkes.go.id/resources/download/infoterkini/materi_rakorpop_20 18/Hasil%20Riskesdas%202018.pdf

Simanungkalit, Sintha Fransiske, dkk (2019), Pengetahuan dan Perilaku Konsumsi Remaja Putri yang Berhubungan dengan Status Anemia, Buletin Penelitian Kesehatan, Vol. 47, No. 3, September 2019: 175 – 182, https://doi.org/10.22435/bpk.v47i3.1269

Nurlena Andalia, Agnes, M. Ridhwan. 2017. Hubungan Antara Pengetahuan Dengan Persepsi SMA Gajah Mada Medan Terhadap Penularan Penyakit AIDS. Jurnal Serambi Ilmu.

Wijayanti, Y. Faktor yang berhubungan dengan kejadian anemia pada remaja putri SMA Gajah Mada Medan SMK An Nuroniyah Kemadu Kecamatan Sulang Kabupaten Rembang tahun 2011. Universitas Negeri Semarang, 2011.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.3.4.745-750.2023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnaldikmas@ung.ac.id