Pendampingan Peningkatan Kapasitas Guru Madrasah Swasta Raudhatul Birru Dalam Rangka Peningkatan SDG’S Pendidikan

Herman Herman, Griet Helena Laihad, Cantika Zaddana, Indriyani Indriyani

Abstract


Sustainable Development Goals (SDGs) merupakan rencana aksi global oleh beberapa negara untuk 15 tahun ke depan yang tergabung dalam perserikatan bangsa-bangsa (PBB), dimana salah satu tujuannya yaitu memastikan adanya pendidikan yang inklusif dan berkualitas setara, serta mendukung kesempatan belajar untuk semua orang. Pendidikan merupakan sektor penting yang harus diperhatikan pemerintah untuk mempersiapkan masyarakat yang berkualitas demi pembangunan yang berkelanjutan. Keberadaan sekolah swasta dalam menyediakan akses pendidikan bergantung pada kemampuan diri sendiri, jika pun ada bantuan dari pemerintah maka jumlahnya tidaklah banyak, sehingga kebutuhan biaya operasional pendidikan harus dipenuhi oleh diri sendiri. Hal ini mengakibatkan penyediaan fasilitas dan sarana pendidikan yang dimiliki Sekolah Madrasah Raudhatul Birru menjadi terbatas, termasuk tenaga pendidik atau guru yang ada di sekolah Madrasah Raudhatul Birru juga terbatas. Selain jumlah yang terbatas latar belakang guru di Madrasah Raudhatul Birru tidak semuanya berasal dari Pendidikan dan tidak berasal dari lulusan Perguruan Tinggi, hal ini mengakibatkan kurangnya kualitas tenaga pendidik/guru di Sekolah tersebut. Atas dasar hal tersebut PKM ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kapasitas tenaga pendidik/guru di Sekolah Madrasah Raudhatul Birru melalui Pelatihan Peningkatan Kapasitas Guru di Sekolah Madrasah Raudhatul Birru.

Keywords


sdg’s; kapasitas; guru; madrasah

Full Text:

PDF

References


Azyumardi Azra dan Jamhari, (2006) “Pendidikan Islam Indonesia dan Tantangan Globalisasi: Perspektif Sosio_Historis”, dalam Jajat Burhanudin dan Dian Afrianti, Mencetak Muslim Modern, Peta Pendidikn Islam Indonesia, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Depdiknas, (2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Hapsari, D., dan Prasetio, A. (2017). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK Negeri 2 Bawang. eProceedings of Management. Universitas Telkom. 4(1)

Laurie, R., Nonoyama-Tarumi, Y., Mckeown, R., & Hopkins, C. (2016). Contributions of Education for Sustainable Development (ESD) to Quality Education: A Synthesis of Research. Journal of Education for Sustainable Development, 10(2), 226–242. https://doi.org/10.1177/0973408216661442

Mulyasa, E., (2004). “Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), Konsep, Karakteristik dan Implementasi”, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004

Rusman, (2006) “Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru”. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Silberman, Mel, (2004). A”ctive Learning, 101 Strategi Pembelajaran Aktif”, (terjemahan Sarjuli et al.), Yogyakarta: YAPPENDIS.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.3.4.701-710.2023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnaldikmas@ung.ac.id