Pendampingan Pendaftaran NIB (Nomor Induk Berusaha) dan Pelatihan Media Sosial guna Daya Saing Ekonomi melalui Inovasi Produk pada UMKM Desa Sukagalih, Megamendung
Abstract
Pelaku UMKM Desa Sukagalih, Kabupaten Megamendung masih perlu peningkatan dalam pengembangan usahanya, para pelaku UMKM ini memerlukan sebuah ide untuk membuat sebuah inovasi produk usahanya yang masih konvensional dan membutuhkan perizinan peningkatkan UMKM untuk memperoleh legalitas serta perlindungan hukum pemerintah. Namun, para UMKM di Desa Sukagalih kurang memahami cara mengembangkan usaha dan mekanisme pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) melalui website Online Single Submission (OSS). Kegiatan pengamdian masyarakat yang dilakukan tim KKN-T dilakukan dengan tujuan untuk memperkenalkan, meningkatkan pengetahuan dan mendampingi para pemangku UMKM untuk pembuatan NIB melalui web OSS. Terdapat 3 tahapan metode pelaksanaan yang digunakan, yakni sosialisasi, pelatihan dan pendampingan. Pelaksanaan kegiatan meliputi pengajaran teori terkait pengembangan inovasi produk di media social, pengurusan izin usaha dan pendampingan pembuatan legalitas usaha. Hasil dari kegiatan ini adalah para pelaku UMKM di Desa Sukagalih, Megamendung dapat meningkatkan pengetahuannya mengenai penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi, legalitas usaha juga pendaftaran usaha pada lembaga OSS.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Hutagalung, & Hermawan, D. (2018). Membangun Inovasi Pemerintah Daerah. Deepublish.
Kotler, P., & Kevin Lane Keller. (2016). Marketing Management, 15th Edition. Pearson Education,Inc.
Mahmood, Rosli, & Norshafizah Hanafi. (2013). Entrepreneurial Orientation And Business Performance Of Women- Owned Small and Medium Entreprises in Malaysia: Competitive Advantage as a Mediator. International Journal Of Business and Social Science, Vol. 4 No. 1.
Novita, L., Eddiyanto, & Situmorang, M. (2016). The Development of Innovative Colloidal Chemistry Teaching Module for XI Class Senior High School Based on Project Based Learning. Jurnal Pendidikan Kimia, Vol 8 No 3.
Priambada, S. (2015). Manfaat Penggunaan Media Sosial Pada Usaha Kecil Menengah, dalam Jurnal Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia.
Sari, Rindang Lista, Mandey Silvya, Soegoto, & Agus Supandi. (2014). Citra Merek, Harga dan Promosi Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Perhiasan Emas Pada PT. Pegadaian ( Persero ) Cabang Manado Utara. Jurnal EMBA. 2 .
Untari, D., & Dewi Endah Fajariana. (2018). Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif pada Akun @Subur_Batik. Jurnal Sekretari Dan Manajemen , Vol. 2 No. 2.
DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.3.4.723-732.2023
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnaldikmas@ung.ac.id