Penerapan Model Mordiscvein di Sekolah Dasar Dan Pembuatan Kreativitas Bagi Masyarakat

Meylan Saleh, Evi Hasim, Sukri Katili

Abstract


Pembelajaran di abad 21 ini memiliki perbedaan dengan pembelajaran di masa yang lalu. Dahulu, pembelajaran dilakukan tanpa memperhatikan standar, sedangkan kini memerlukan standar sebagai acuan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Melalui standar yang telah ditetapkan, guru mempunyai pedoman yang pasti tentang apa yang diajarkan dan yang hendak dicapai. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi telah merubah gaya hidup manusia, baik dalam bekerja, bersosialisasi, bermain maupun belajar. Untuk mengembangkan pembelajaran abad 21, guru harus memulai satu langkah perubahan yaitu merubah pola pembelajaran tradisional yakni pembelajaran yang berpusat pada guru (teacher centered) menjadi pola pembelajaran yang berpusat pada siswa (student centered). Diantara model-model pembelajaran yang dapat meningkatkan 4c (Critical Thinking and Problem Solving (berpikir kritis dan pemecahan masalah), Communication (komunikasi), Collaboration (Kolaborasi), Creativity and Inovation (kreativitas dan inovasi) siswa adalah model pembelajaran Mordiscvein. Selain nodel pembelajaran yang diterapkan di sekolah dasar, diharapkan siswa sekolah dasar memiliki kretivitas yang harus dikembangkan. Kreativitas yang dimaksud dalam kegiatan ini adalah kreativitas masyarakat Dudewulo dalam mengolah sampah terutama sampah yang masih bisa didaur ulang kembali menjadi benda yang bermanfaat dan benilai uang dalam tujuan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.

Keywords


Model Pembelajaran Mordiscvein; Kreativitas;

Full Text:

PDF

References


Andrian Yusuf, Rusman. 2019. Implementasi Pembelajaran Abad 21 Dalam Kurikulum 2013. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpip/article/view/20116/12073. Vol 12, No 1 (2019). DOI: https://doi.org/10.21831/jpipfip.v12i1.

Agustina Riya, Sunarso Ali. 2018. Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Media Peningkatan Kreativitas Pada Mata Pelajaran SBK. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jlj. JLJ 7 (3) (2018)

Evi Hasim. Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Teks Nonfiksi Melalui Model Mind Mapping Di Kelas V SDN 6 Bulango Utara Kabupaten Bone Bolango. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/JN/article/viewFile/1428/1014 Jurnal normalita Vol.10, Nomor 2 Mei 2022, hlm. 102-108 ISSN: 2252-5920

Husain Rusmin, Saleh Meylan. 2022. Pengelolaan Lingkungan Pesisir Melalui Gerakan Bersih Pantai Dan Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Upaya Mengurangi Sampah Di Desa Biluhu Timur Kabupaten Gorontalo. Jurnal Pengabdian Masyarakat: DIKMAS Volume 02 (1), Maret 2022 ISSN 2809-3291 http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/dikmas.

Laila Alfi, Sahari Sutrisno. 2016. Peningkatan Kreativitas Mahasiswa Dalam Pemanfaatan Barang-Barang Bekas Pada Mata Kuliah Media Pembelajaran. ISSN.2460-6324 Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara │Volume 1│Nomor 2│Januari 2016

Nunaki J H, Damopolii Insar, Kandowangko Novri, Nusantari Elya. 2019. The contribution of metacognitive in the inquiry-based learning to students’ thinking skill based on SOLO Taxonomy. Journal of Physics: Conference Series 1321 (2019) 032044 IOP Publishing doi:10.1088/17426596/1321/3/032044. Journal of Physics: Conference Series, Volume 1321, Issue 3.

Prastyawan. 2011. Inovasi Kurikulum dan Pembelajaran. Al Hikmah. Volume 1, Nomor 2, September 2011.

Saleh Meylan, Abdullah Gamar, Hasim Evi, Katili Sukri. 2023. Implementasi Model Pembelajaran Mordiscvein di Era Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Masyarakat: DIKMAS. Volume 03, (2), June 2023 http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/dikmas.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.3.3.677-692.2023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnaldikmas@ung.ac.id