Situasi Cestodiasis Pada Kambing Di Kecamatan Paguat, Kabupaten Pohuwato Provinsi Gorontalo

Nugroho Nugroho, Tri Ananda Erwin, Rahman Rahman, Arham Arham

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui situasi Cestodiasis pada kambing di Kecamatan Paguat, Kabupaten Pohuwato. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah feses kambing yang diambil melalui palpasi rektal dan atau feses yang baru keluar saat defekasi. Kambing diambil secara acak isidental tidak membedakan jenis kelamin, umur dan ras kambing. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 93 feses. Metode pemeriksaan feses menggunakan metode natif, metode sedimentasi, dan metode pengapungan. Hasil penelitian diperoleh dari 90 sampel feses yang diperiksa, 13 sampel feses ditemukan adanya telur cacing Cestoda.

Keywords


Cacing Cestoda; feses; Kambing; Pohuwato;

Full Text:

PDF

References


Akhira, D., Y. Fahrimal., M. Hasan. 2013. Identifikasi parasit nematode saluran pencernaan anjing pemburu (Canis familiaris) Di Kecamatan Lareh Sago Halaban Provinsi Sumatra Barat. J. Medika Veterinaria. 7 (1) : 42-45.

Khairana, A. A. 2017. Identifikasi Parasit Gastrolintestinal Pada Anoa (Bubalus spp.)Di Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Manado.Skripsi. Universitas Hasanuddin. Makasar.

Levine, N.D. 1990. Parasitologi Veteriner. Ashadi, G. penerjemah; Wardiarto, editor. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. Terjemahan dari: Textbook of Veterinary Parasitology. Terj.

Nugroho, T. A. E., Nibras K. Laya., Sarifudin Hiola., Sarwono S Prasejo., dan Wahab, Herman S. 2018. Study of Parasitic Disease Goat’s Digestive Zoonoses in Gorontalo District. Proc of the 20th FAVA Congress and 15th KIVNAS PDHI, Bali. Hemerazoa.

Pratiwi U. 2010. Infestasi Cacing Parasitik Pada Harimau (Panthera tigris) di Taman Rekreasi MargaSatwa Serunglingmas, Kebun Binatang Bandung dan Taman Safari Indonesia. Skripsi. Institut Pertanian Bogor.

Purwanta. Nurain. Hutauruk dan Setiawati, S. 2009. Identifikasi Cacing Saluran Pencernaan Pada Sapi Bali Melalui Pemeriksaan Tinja Di Kabupaten Gowa. Jurusan Agrisistem.

Taylor, M. A., Coop, R. L., dan Wall, R. L. 2015. Veterinary Parasitology, 4rd ed. Blackwell Publishing : London, UK.

Tolistiawati I, J. Widjaya, I, T. Lobo, R. Isnawati. 2016. Parasit Gastrointestial Pada Hewan Ternak Di Tempat Pemotongan Hewan Kabupaten Sigi,Sulawasi Tengah. BALABA. Vol. 12 (2).




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.3.2.575-578.2023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnaldikmas@ung.ac.id