Pemberdayaan Ekonomi Ershop Berbasis Sociopreneurship Social Media Marketing

Farid Moh. Adrian, Murni Ali, Abdul Rahmat, Ummyssalam Adam Taniyo Ambala Duludu

Abstract


Permasalahan sering terjadi pada UMKM di Indonesia adalah tidak mampu bersaing di pasar Global. Hal ini dipicu adanya keterbatasan modal, SDM, penguasaan teknologi dan informasi Pasar. Masalah yang dihadapi UMKM tersebut perlu adanya pengembangan usaha. Oleh Karena itu penelitian ini bertujuan mengetahui seperti apa strategi pemberdayaan masyarakat di Usaha Mikro Kecil Menengah Ershop yang menggunakan dasar Sociopreneurship. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi Pengembangan usaha berbasis Sociopreneurship pada UMKM Ershop sudah berjalan baik. Peran Social Media Marketing dan Sociopreneurship untuk pengembangan usaha pada UMKM Ershop mampu melakukan teknik pemasaran yang lebih luas.

Keywords


Pemberdayaan; Sociopreneurship; UMKM

Full Text:

PDF

References


Amalia A, Syawie M. 2015. Pembangunan Kemandirian Desa melalui Konsep Pemberdayaan: Suatu Kajian dalam Perspektif Sosiologi.

Dees G. 2013. For-Profit Social Ventures. Internatinal Journal Of Enterpreneurship Education, 2(1).

Faisal. 2015. Modul Hukum Ekonomi Islam. Lhokseumawe : Unimal Press

Hendryadi, et. Al, (2019). Metode Penelitian: Pedoman Penelitian Bisnis dan Akademik, Jakarta: Lembaga Pengembangan Manajemen da Publikasi Imperium (LPMP Imperium).

Makhrus, Cahyani, P.D. (2017). Konsep Islamicpreneurship dalam Upaya Mendorong Praktik Bisnis Islam. Islamadina : Jurnal Pemikiran Islam, Vol. XVIII No. 1, 1-20.

Mardikanto. 2010. Konsep pemberdayaan Masyarakat. Surakarta : PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Moleong J Lexy. (2017). Metodelogi penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosda Karya Bandung.

Mulyadi, 2005. Akuntansi Biaya, Edisi Kelima, Yogyakarta: Unit penerbit dan Pencetakan Akademi Manajemen Perusahaan YKPN.

Praszkier, R. 2009. Social Capital Built by Social Entrepreneurs and the Specip Personality Traits That Faciliate the Process.

Santosa. 2007. Peran Social Enterpreneurship dalam pembangunan. Makalah Dipresentasikan di acara seminar “membangun sinergitas Menuju Bangsa Indonesia yang inovatif.

Shaker A. Zahra, H. N (2008). Globaliation Of Social Entrepreneurship Opportunities. Strategic Entrepreneurship Journal, 117-131.

Untoro, J. 2017. Kewirausahaan Menurut para Ahli.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.3.2.505-510.2023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnaldikmas@ung.ac.id