Implementasi Kurikulum Merdeka model Kahoot sebagai Media dalam Evaluasi Pembelajaran Guru

Sefirindiyani Sefirindiyani, Wirdaningsih Husain, Abdul Rahmat

Abstract


Pemanfaatan teknologi informasi pada dunia pendidikan mulai banyak dilakukan sebagai pendukung kelancaran kegiatan belajar mengajar dikelas. Banyaknya siswa yang memberikan tanggapan bahwa cara guru menyampaikan materi pembelajaran dikelas terasa membosankan. Aplikasi kahoot merupakan salah satu media pembelajaran online berbasis game. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi kahoot terhadap evaluasi pembelajaran, metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dan metode kuantitatif dengan tahapan menganalisis data, wawancara, dan kuisioner. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan media pembelajaran aplikasi kahoot yang diterapkan disekolah dasar mendapakan respon positif dari para guru dan penerapan media aplikasi kahoot dalam evaluasi pembelajaran sudah tepat serta penggunaan teknologi dalam evaluasi pembelajaran perlu diterapkan disekolah. Secara praktis, penelitian ini dapat bermanfaat bagi guru karena membantu proses belajar menjadi lebih efektif dan efisien dan juga bisa dijadikan alternatif lain, dan juga bermanfaat bagi siswa karena siswa akan lebih tertarik untuk mengerjakan soal-soal.

Keywords


kahoot; evaluasi; media

Full Text:

PDF

References


Damayanti, N. A., & Dewi, R. M. (2021). Pengembangan Aplikasi Kahoot Sebagai Media Evaluasi Hasil Belajar Siswa. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(4), 1647–1659. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.656

Fajri, N., Akbar, A., Zakir, S., & Rila, A. (2021). Penerapan Aplikasi Kahoot dalam Evaluasi Pembelajaran PAI pada Materi Masuknya Islam ke Nusantara SMPN 1 Banuhampu Kabupaten Agam.

Stai, E. K., Khez, D. R., Purwakarta, M., Edlina, M., Stai, M., Nada, S., Stai, L., Stai, U. N., Setiawan, U., & Khez, S. D. (2023). EVALUASI MEDIA PEMBELAJARAN. In Journal of Student Research (JSR) (Vol. 1, Issue 2).

Sulistiyawati, W., Sholikhin, R., Septi Nur Afifah, D., & Listiawan, T. (2021). Peranan Game Edukasi Kahoot! Dalam Menunjang Pembelajaran Matematika. Jurnal Matematika, 15(1).

Syauki Faznur, L., Sumardi, A., Muhammadiyah Jakarta Jl Ahmad Dahlan, U. K., Ciputat Timur, K., & Tangerang Selatan, K. (2020). APLIKASI KAHOOT SEBAGAI MEDIA DALAM EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA GURU SMA DI SUKABUMI. https://doi.org/10.24853/jpmt.2.2.39-44




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.3.2.421-426.2023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnaldikmas@ung.ac.id