Meningkatkan Kemampuan Menulis Huruf Tegak Bersambung melalui Media Kartu Bergambar Pada Siswa Kelas II SDN 5 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango

Ratnarti Pahrun, Samsiar Rivai, Dwiki Kurniawan

Abstract


Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “apakah melalui media kartu bergambar kemampuan menulis huruf tegak bersambung siswa kelas II SDN 5 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango dapat meningkat?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis huruf tegak bersambung melalui media kartu bergambar pada siswa kelas II SDN 5 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas.
Hasil penelitian dapat dilihat setelah dilakukan tindakan siklus I pertemuan I dari 14 siswa yang mampu menulis tegak bersambung 3 siswa atau 21% yang tidak mampu menulis tegak bersambung terdapat 11 siswa atau 79%. Pada siklus I pertemuan II terdapat 5 siswa atau 36% siswa yang mampu menulis tegak bersambung dan sisanya terdapat 9 siswa atau 64% yang tidak mampu menulis tegak bersambung. Hal ini belum mencapai target yang telah ditentukan yaitu minimal 75% maka dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II pertemuan I dari 14 siswa yang mampu menulis tegak bersambung 9 siswa atau 64% yang tidak mampu menulis tegak bersambung terdapat 5 siswa atau 36%. Kemudian pada siklus II pertemuan II terdapat 12 siswa atau 86% siswa yang mampu menulis tegak bersambung dan 2 siswa atau 14% yang tidak mampu menulis tegak bersambung. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan melalui media kartu bergambar kemampuan menulis huruf tegak bersambung siswa kelas II di SDN 5 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango meningkat.


Keywords


Huruf Tegak Bersambung; Media Kartu Bergambar

Full Text:

PDF

References


Angreany, F., & Saud, S. 2017. Keefektifan Media Pembelajaran Flashcard Dalam Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Bahasa Jerman Siswa Kelas Xi Ipa Sma Negeri 9 Makassar. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 1(2

Arikunto, S. 2021. Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara. Arsyad, azhar. 2003. Media pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada Asih. 2016. Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Bandung: Pustaka Setia.

Arsyad, azhar. 2003. Media pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Asih. 2016. Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Bandung: Pustaka Setia

Depdiknas. 2009. Panduan untuk Guru Membaca dan Menulis Permulaan anak Sekolah Dasar Kelas 1, 2, 3. Jakarta: Depdiknas

Indriana, Dina. 2011. Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Jogyakarta: Diva Press

Ratnasari, D. A. 2019. Pengembangan Media Kartu Bergambar Materi Dongeng Di Kelas II Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Sadiman, Arief S., dkk. 2008. Media Pendidikan Pengertian Pengembangan dan Manfaatnya. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Santoso, Puji, dkk.2008. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: Universitas Terbuka Sutirman, M. P. 2013. Media dan model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu, 3(2).

Tarigan, Henry Guntur. 2013. Menulis. Bandung : Angkasa

Wahyuni, S,dkk. 2012.Assesmen pembelajaran bahasa. Bandung:Redika Aditama Widyaningrum, R. 2019. Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Tegak Bersambung Melalui Contoh di Buku Halus dan Drill pada Peserta Didik Kelas I SDN Jajartunggal III Surabaya. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(01), 34-43.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.3.2.403-412.2023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnaldikmas@ung.ac.id