Peningkatan Pendapatan Masyarakat Melalui Pemanfaatan Lahan Kosong Untuk Budidaya Tanaman Cabe Carolina Reaper HP22BNH7 (Capsicum Chinense)

Herli Antoni, Asmak Ul Hosnah, Gagah Arjunaman Elit, Yennie K Milono, Lindryani Sjofjan

Abstract


Cabe Carolina Reaper HP22BNH7 (Capsicum Chinense) merupakan salah satu tanaman hortikultura dari jenis sayuran yang memiliki buah dengan Ukuran varietas ini cukup kecil, sekitar dua setengah hingga lima setengah sentimeter atau sekitar dua buku jari orang dewasa. Permukaan kulitnya cenderung bergelombang, meski beberapa Carolina Reaper memiliki permukaan kulit yang halus. dengan tingkat kepedasan hingga 1.400.000 hingga 2.200.000 Scoville Heat Units. Cabe jenis ini masih sangat jarang dibudidayakan oleh para petani karena tingkat kesulitan pembudidayaan dan masih kurangnya literasi tentang tanaman ini namun cabe jenis ini memiliki nilai Ekonomi yang pantastis dan bernilai tinggi. Tanaman ini mempunyai banyak manfaat terutama pada buahnya, yaitu sebagai bumbu masak, bahan campuran industri makanan dan berbagai inovasi makanan ringan yang akhir-akhir ini sangat buming di kalangan anak muda yang memiliki ketertarikan makanan pedas.. Di Semende Farm tanaman ini tergolong baru dan masih tahap percobaan dari hasil bibit yang kami miliki sehingga keinginan untuk meningkatkan serta mengembangkan tanaman cabe jenis ini sangat tinggi di lihat dari nilai ekonomis yang sangat baik. Teknik budidaya cabe ini merupakan salah satu cara untuk memproduksi cabe dengan mengedepankan produk yang sehat. Kenaikan harga cabe berdampak terhadap pendapatan keluarga. Oleh karenanya PKM ini bertujuan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat dengan memanfaatkan Lahan Kosong untuk menanam cabe Carolina Reaper HP22BNH7 (Capsicum Chinense).

Keywords


Carolina Reaper; Ekonomi; Inovasi

Full Text:

PDF

References


Anggita, E., Karina, K., Suriyatni, N., & Alfarizi, W. A. (2020). Analisis Pandemic Covid-19 Terhadap Harga Sembako. Al-Sharf: JurnalEkonomi Islam,Vol. 1 No.1 : 100-115

Roidah, I.S. 2014. Pemanfaatan Lahan dengan Menggunakan Sistem Hidroponik. Jurnal Universitas Tulung Agung Bonorowo, Vol. 1 No. 2 : 43-50.

Djarwaningsih, T. 1984. Jenis- jenis Cabai di Indonesia, dalam Penelitian Peningkatan Pendayagunaan Sumber Daya Alam, hlm 232-235.

Harpenas, Asep & R. Dermawan. 2010. Budidaya Cabai Unggul. Penebar Swadaya. Jakarta. Hewindati, Yuni Tri dkk. 2006. Hortikultura. Universitas Terbuka. Jakarta.

Anonima . 2007. Cabai Merah. http://id.wikipedia.org/wiki/Cabai. Diakses pada tanggal 9 Februari 2023




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.3.2.333-338.2023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnaldikmas@ung.ac.id