Kegiatan Webinar Soft Skill Meningkatkan Kompetensi Personal Dalam Pandemi Covid-19

Bertha Nursari, Tia Martia, Rima Novita Sari, Zainur Fitri, Metty Suwandany, Hermansyah Djaya

Abstract


Pengabdian masyarakat yang dilakukan adalah webinar soft skill bertema meningkatkan daya saing kompetensi personal dalam masa pandemi covid-19. Kondisi pandemi virus Covid-19 mengakibatkan institusi pendidikan diberikan tantangan untuk beradaptasi agar dapat mengembangkan potensi dalam menghasilkan pengetahuan komprehensif sesuai bidang keilmuan. Kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Jepang memang dibutuhkan oleh perusahaan yang memiliki keterkaitan dan kerjasama dengan Jepang, namun ketika di lapangan, kemampuan ini harus didukung dengan kompetensi-kompetensi lain, baik berupa hard skill, maupun soft skill agar seorang staf mampu berkontribusi secara optimal. Kemampuan bahasa Jepang dan penguasaan hard skill lain pada umumnya menjadi modal awal untuk dapat memenuhi persyaratan agar dapat bergabung di suatu perusahaan. Namun, pada saat menjalankan aktivitas di perusahaan, penguasaan soft skill pendukung ternyata sangat berperan dan menentukan keberhasilan pelaksanaan tugas dan kelancaran pengembangan karier selanjutnya. Pengabdian masyarakat ini dilakukan dalam bentuk webinar yang mengundang narasumber yang berkaitan dengan peningkatan kompetensi personal terutama soft skill berupa kemampuan menerjemahkan, kemampuan melakukan presentasi dalam bahasa Jepang, dan hal-hal apa saja yang harus dan perlu disiapkan agar menjadi tenaga kerja yang siap pakai baik di perusahaan Jepang yang berdomisili di Indonesia maupun di Jepang.

Keywords


webinar; softskill; bahasa Jepang; bahasa Inggris; penerjemah

Full Text:

PDF

References


Dwiwardani, W., & Wahidati, L. (2019). Kebutuhan Kompetensi Soft Skill Lulusan Program Studi Bahasa/Sastra Jepang di Dunia Kerja. JLA (Jurnal Lingua Applicata), 2(2), 133-147.

JETRO. (1999). Communicating with Japanese in Business. JETRO. https://www.jetro.go.jp/costarica/mercadeo/communicationwith.pdf

Rachman, Nadya, M. (2020). Evaluasi penyelenggaraan webinar : strategi umkm korea selatan bertahan dalam pandemic covid-19. Journal of Trade Development and Studies. Cendekia Niaga 2020, Volume 2 Nomor 2: 1-15

Wahidati, L., & Djafri, F. (2021). Kendala Berkomunikasi yang Dihadapi oleh Tenaga Profesional Penutur Bahasa Jepang di Perusahaan Jepang. Journal of Japanese Language Education and Linguistics, 5(1), 12-30.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.3.2.245-252.2023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnaldikmas@ung.ac.id