Pengaruh Pemanfaatan Game Edukasi Wordwall Pada Hasil Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran Siswa di Sekolah

Melianti Dotutinggi, Alwiyanto Zees, Abdul Rahmat

Abstract


Game edukasi Wordwall merupakan aplikasi browser yang sangat menarik dengan tujuannya sebagai sumber siswa untuk belajar, sebagai media, dan alat penilai yang menyenangkan untuk siswa.Penelitian ini menggunakan desain penelitian systematic review. systematic review ialah tinjauan literatur yang mensintesis(merangkum) semua studi yang relevan serta memberikan penilaian terhadap apa yang diketahui dari topik studi itu.Kegiatan belajar siswa sebelum menggunakan game edukasi wordwall dan setelah menggunakan game edukasi wordwall, di mana dari ke 3 artikel yang dipaparkan hasil posttest tertinggi sebesar 93,33%. Hasil dari penelitian yang telah dilaksanakan menunjukkan penggunaan media game edukasi Wordwall dapat mempengaruhi minat belajar siswa, terbukti dari hasil angket sebagai pretest dalam penggunaan media game edukasi wordwall dan memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa, dalam meningkatkan keaktifan, minat dan motivasi siswa dalam belajar, maka dari itu game edukasi wordwall sangat bermanfaat dan berpengaruh besar pada peningkatan hasil belajar siswa terhadap pemebelajaran.


Keywords


Pengaruh; Game edukasi wordwall; Metode Systematic Review

Full Text:

PDF

References


Akbar, H. F., & Hadi, M. S. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1653–1660.

Launin, S., Nugroho, W., & Setiawan, A. (2022). Pengaruh Media Game Online Wordwall Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV. JUPEIS: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(3), 216–223.

ROHMATIN, R. (2023). PENGGUNAAN GAME EDUKASI BERBASIS WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN VOCABULARY SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS. EDUTECH: Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 3(1), 79–88.

Walidah, G. N., Mudrikah, A., & Saputra, S. (2022). PENGARUH PENGGUNAAN GAME EDUKASI WORDWALL TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK. UJMES (Uninus Journal of Mathematics Education and Science), 7(2), 105–115.

Widowati, P. N., Efriyana, T., Pratiwi, Y. D., & Lukas, S. (2022). Mengukur Kemampuan Berhitung melalui Metode Fun Game Wordwall pada Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar Strada Kampung Sawah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 2957–2964.

Yulianti, A., & Ekohariadi, E. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Menggunakan Aplikasi Construct 2 Pada Mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 5(01), 527–533.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.3.2.363-368.2023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnaldikmas@ung.ac.id