Pendampingan Optimalisasi Usaha Kampung Herbal

Brahma Wahyu Kurniawan, Mawar Ratih Kusumawardani

Abstract


Tanaman herbal adalah tumbuhan yang telah diidentifikasi dan diketahui berdasarkan pengamatan manusia yang memiliki senyawa yang bermanfaat untuk mencegah, menyembuhkan penyakit dan juga membuat lingkungan menjadi asri. Beragam manfaat yang diperoleh dari tanaman herbal membuat masyarakat sangat antusias untuk menanamnya. Menanam tanaman herbal tidak selalu membutuhkan lahan khusus yang luas, bahkan pekarangan kecil di rumah sekalipun juga bisa digunakan untuk menanam tanaman herbal. Selain itu budidaya tanaman herbal sangatlah mudah, hal tersebut membuat masyarakat RW 01 di Kelurahan Mojoroto semangat untuk mengembangkan wilayah tempat tinggal mereka menjadi kampung herbal. Namun ada beberapa masalah yang terjadi di lapangan sehingga kami selaku pendamping melakukan observasi dan juga FGD untuk merumuskan indikator masalah dan juga menyimpulkan solusi yang diharapkan oleh pihak-pihak yang berkaitan dengan kampung herbal. Dari observasi dan juga FGD yang sudah dilakukan menghasilkan beberapa hal yang diharapkan dan juga bisa diwujudkan seperti membentuk kelompok pengelola yang berfokus pada bidang promosi kampung herbal seperti POKDARWIS, melakukan promosi melalui media sosial, membangun sarana dan prasarana penunjang lainnya.

Keywords


herbal plants; kampung herbal; promotion;

Full Text:

PDF

References


Atmojo, M., & Darumurti, A. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Tanaman Obat Keluarga (TOGA). Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 100–109. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v4i1.8660

Rahman, I., Ratulohoren, J. F., Ruhukail, P. P., & Taborat, M. (2022). Edukasi Pembudidayaan Dan Pemanfaatan Tanaman Herbal Keluarga ( Toga ) Di Kampung Malawor Abstrak Malawor berada pada lokasi yang cukup strategis , dimana luasnya halaman balai desa dapat di manfaatkan sebagai taman tanaman obat herbal keluarga ( TOGA ). . 5, 7–10.

Suhariyanti, E., Amalia, R., & Aliva, M. (2021). Peningkatan Kesehatan Masyarakat Melalui Sosialisasi Penggunaan Tanaman Obat Keluarga ( Toga ) Di Lingkungan Bandung Improving Community Health Through Socialization Of The Use Of Medicinal Plants In The Family ( Toga ) In Lingkungan Bandung. AS-SYIFA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Kesehatan Masyarakat, (1), 31–36.

Yulianto, S. (2017). Penggunaan Tanaman Herbal Untuk Kesehatan. Jurnal Kebidanan Dan Kesehatan Tradisional, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.37341/jkkt.v2i1.37




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.3.2.325-332.2023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnaldikmas@ung.ac.id