Asesmen Diagnostik dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) di SD Negeri 1 Tongkuno Kecamatan Tongkuno Kabupaten Muna Sulawesi Tenggara

Wa Ode Arini Maut

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah. Pengumpulan data dilakukan secara online melalui google form, dan secara ofline dengan teknik dokumentasi, dan wawancara mendalam kepada kepala sekolah dan guru. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Pada aspek kesiapan guru dalam menggunakan asesmen diagnostik, hasil penelitian menunjukan; (a) 63,64% guru sudah mengetahui asesmen diagnostik; (b) 45,45% guru pernah melakukan asesmen diagnostik; (c) 40,91% guru belum memahami dengan baik dan merasa belum pernah melakukan asesmen diagnostik; dan (d) 77,27% guru tidak pernah mengikuti sosialisasi atau pelatihan terkait asesmen diagnostik. Hasil penelitian menunjukkan; (a) 90,91% guru mengetahui tentang kurikulum merdeka; (b) 68,18% guru mendapatkan informasi tentang kurikulum merdeka dari media sosial; (c) 59,09% guru masih ragu mengimplementasikan kurikulum merdeka pada semester berikutnya.

Keywords


kesiapan guru; asesmen diagnostik; kurikulum merdeka

Full Text:

PDF

References


Arbarini, M., Rahmat, A., Ismaniar, I., Siswanto, Y., & others. (2022). Equivalency Education: Distance Learning and Its Impact in Indonesia. Journal of Nonformal Education, 8(1).

Auliya, F., & Suminar, T. (2016). Strategi Pembelajaran Yang Dapat Mengembangkan Kemandirian Belajar Di Komunitas Belajar Qaryah Thayyibah. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 5(1), 10–15.

Choirunnasihin. (2019). Jurnal ilmiah. Jurnal Ilmiah, 10(2), 1–94. https://doi.org/10.33087/jiubj.v23i1.3291

Ibrahim, F., Rahmat, A., Isa, A. H., Husain, R., & Zubaidi, M. (2022). Relationship Between Internship And Entrepreneurial Spirit With Youth Independence In Paris Village, Gorontalo Regency.

Laulita, U., Marzoan, Hamzar, S., & Utara, L. (2022). Jurnal Pendidik Indonesia. 5(2), 2022.

Moleong, L. J. (2000). Metodologi Penelitaian Kualitataif. Remaja.

Mutiani, M., Warmansyah Abbas, E., Syaharuddin, S., & Susanto, H. (2020). Membangun Komunitas Belajar Melalui Lesson Study Model Transcript Based Learning Analysis (TBLA) dalam Pembelajaran Sejarah. Historia: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, 3(2), 113–122. https://doi.org/10.17509/historia.v3i2.23440

Nasution, S. W. (2021). Assesment Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. Prosding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 1(1), 135–142. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.181

Rachmawati, A., & ... (2022). Penerapan Model Pembelajaran Inovatif Melalui Asesmen Diagnostik Dalam Menguatkan Literasi Anak Kelas 1 di SDN Banjaran 5. Prosiding SEMDIKJAR …, 891–898. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/2408

Rahmat, A. (2017). Clustering in Education. XX(3), 311–324.

Rahmat, A. (2019). Effect of training, discipline of work and motivation to employee productivity CV. Journal of Abnormal and Social Psychology, 1(7), 321.

Rahmi, A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (Ctl) Pada Materi Kinetika Kimia. Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika, 1(1), 43. https://doi.org/10.29103/relativitas.v1i1.1197

Ramly, R. A. (2021). Penerapan Komunitas Belajar Melalui Aplikasi WhatsApp sebagai upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Sejarah. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 7(2), 147–159. https://doi.org/10.35569/biormatika.v7i2.1134

Sekar, R. Y., & Kamarubiani, N. (2020). Pengembangan Diri Ratu Yunita Sekar , Nike Kamarubiani. 2(1), 10–15.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.2.4.1305-1312.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnaldikmas@ung.ac.id