Penerapan Model PAKEM dalam Meningkatkan Mutu Pelaksanaan Pembelajaran Gaya Gesekan Pada Peserta Didik Kelas Vi Sekolah Dasar SD Negeri 8 Parigi Kecamatan Parigi Kabupaten Muna

Wa Abe

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran kreatif dalam meningkatkan mutu pelaksanaan pembelajaran gaya gesekan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan rancangan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Rancangan penelitian ini meliputi kegiatan (1) penelitian pendahuluan, (2) perancangan pelatihan guru, dan (3) pelaksanaan tindakan penelitian kelas; diikuti dengan pengamatan, refleksi serta dilakukan dalam 2 siklus, yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru. Data penelitian ini berupa proses dan hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, wawancara, serta tes pada akhir pembelajaran. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan dapat diterapkan dalam meningkatkan mutu pembelajaran gaya gesekan.

Keywords


Pembelajaran; Gaya Gesekan; Model Pembelajaran Aktif; Kreatif; Efektif;

Full Text:

PDF

References


Adzanwahiddien., 2008, Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan., makalahkumakalahmu.wordpress.com/2008/11/05/pembelajaran-pakem-ii/ -56k-, diakses 15 Maret, 2009.

Anonim., 2002, Model Pembelajaran Sekolah Dasar, Jakarta: Depdiknas.

Anonim, 2009, Olimpiade Sains Peserta didik SD Tk. Prov. Sultra. 2009, diakses 7 Agustus 2009.PIAD

Asy’ari Muslichach, 2006, Penerapan Pendekatan Sains – Teknologi – Masyarakat dalam Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar, Jakarta: Depdiknas.

Yusufhadi, 2009, Indikator Mutu Proses Pendidikan, yusufhadi.net/indikator-mutu-proses-pendidikan, diakses 3 Agustus 2009.

Given Barbara., 2002, Brain-Based Teaching, Terjemahan oleh Lala Herawati Dharma, 2007, Bandung: Kaifa PT Mizan Pustaka.

Haryanto., 2006, Sains Untuk Sekolah Dasar Kelas V, Jakarta: Erlangga.

Kusmoro., 2009, Peningkatan mutu Pembelajaran, Sekadau: mutu ... jeperis.wordpress.com/.../upaya-peningkatan-mutu-pembelajaran-di-sekolah/, diakses, 7 Agustus 2009.

Popman James., 2003, Teknik Mengajar Secara Sistematis, Jakarta: Rineka Cipta.

Sagala Saiful., 2008, Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung: Alfabeta.

Samatowa Usman., 2006, Bagaimana Membelajarkan IPA di Sekolah Dasar, Jakarta: PT. Pustaka Indonesia Pres.

Sidi., 2005, Hubungan Antara Penerapan Pakem dan Prestasi Belajar Peserta didik Kelas VI di SDN Karduluk I Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep Tahun Pelajaran 2006-2007, (Online), (idiaprenduan.com/.../hubungan-antara-penerapan-pakem-dan-prestasi-belajar-peserta didik-kelas-vi-di-sdn-karduluk-i-kecamatan-pragaan-kabu... diakses 1 Juli 2009.

Sugiono., 2008, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta.

Sunartombs., 2008. Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan, (sunartombs.wordpress.com/2008/12/25/pakem-pembelajaran-aktif-kreatif-efektif-dan-menyenangkan/ - 50k -, diakses 27 April 2009).




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.2.4.1299-1304.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnaldikmas@ung.ac.id