Kompetensi Kepala Sekolah dalam melasanakan Supervisi Akademik Melalui Pendampingan PRODEP di SMP Negeri 3 Parigi Kecamatan Parigi Kabupaten Muna

Restelwan Restelwan

Abstract


Untuk melaksanakan supervisi akademik secara efektif diperlukan keterampilan konseptual, interpersonal dan teknikal. Oleh sebab itu, setiap kepala sekolah harus memiliki dan menguasai konsep supervisi akademik yang meliputi: pengertian, tujuan dan fungsi, prinsip-prinsip, dan dimensi-dimensi substansi supervisi akademik. Supervisi akademik yang dilakukan kepala sekolah antara lain adalah sebagai berikut. (1) Memahami konsep, prinsip, teori dasar, karakteristik, dan kecenderungan perkembangan tiap bidang pengembangan pembelajaran kreatif, inovatif, pemecahan masalah, berpikir kritis dan naluri kewirausahaan. (2) Membimbing guru dalam menyusun silabus tiap bidang pengembangan di sekolah/madrasah atau mata pelajaran di sekolah/madrasah berlandaskan standar isi, standar kompetensi dan kompetensi dasar, dan prinsip-prinsip pengembangan KTSP. (3) Membimbing guru dalam memilih dan menggunakan strategi/ metode/teknik pembelajaran/bimbingan yang dapat mengembangkan berbagai potensi siswa. (4) Membimbing guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran/ bimbingan (di kelas, laboratorium, dan/atau di lapangan) untuk mengembangkan potensi siswa. (5) Membimbing guru dalam mengelola, merawat, mengembangkan dan menggunakan media pendidikan dan fasilitas pembelajaran. (6) Memotivasi guru untuk memanfaatkan teknologi informasi untuk pembelajaran.

Keywords


supervise; motivasi; prestasi

Full Text:

PDF

References


A.alauddin A.udin, 2012, Supervisi Akademik oleh Kepala Sekolah. www.academia.edu/6747.

Sudrajat Achmad, 2008, Kompetensi Kepala Sekolah.Beranda Manajemen Pendidikan.

Arief Afriani, 2013, Upaya Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Melaksanakan Penilaian Otentik Sesuai Dengan Kurikulum 2013. Karya tulis tidak dipublikasikan.

Arief Afriani, 2016, Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Memanfaatkan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Melalui Peningkatan Efektifitas Pendampingan Guru IPA di SMP Se-Kota Gorontalo. Fakultas MIPA UNG, Jurnal ENTROPI Inovasi Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran Sains.Tahun 2016.

Bahan Pembelajaran Utama Supervisi Akademik, edisi revisi untuk ProDEP 2015 . Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan & Kebudayaan Dan Penjaminan Mutu Pendidikan.

Departemen Pendidikan Nasional, 2007.Pedoman Penilaian Hasil Belajar di Sekolah.

Nurmaherawati, 2015. Kegiatan Pembimbingan Kepala Sekolah Melalui PKB ProDEP dalam Mengembangkan Kompetensi Supervisi Akademik. http://nurmaherawati 512,wordpress.com.

Permendiknas No 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah.

Permendiknas No 28 Tahun 2010 tentang Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah/Madrasah.

Sudrajat Akhmad, 2011. Konsep Supervisi Akademik.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.2.4.1287-1289.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnaldikmas@ung.ac.id