Sosialisasi Ekonomi Pembangunan di SMA Negeri 3 Samarinda

Akbar Lufi Zulfikar, Swadia Gandhi Mahardika

Abstract


Pembangunan ekonomi merupakan suatu rangkaian kegiatan yang dilakukan suatu negara untuk mengembangkan kegiatan ekonomi dan taraf hidup masyarakatnya sehingga terjadi perubahan tingkat kesejahteraan secara terukur dan terarah. Akan tetapi, adanya kegagalan pasar dapat menjadi faktor penghambat suatu negara dalam proses mencapai tujuan pembangunan ekonomi. Salah satu bentuk kebijakan publik yang digunakan pemerintah untuk mengatasi kegagalan pasar adalah melalui kebijakan pemberian subsidi. Dalam anggaran belanja negara, komponen belanja subsidi mempunyai nominal anggaran yang cenderung besar dibandingkan dengan belanja negara lainnya. Dengan demikian adanya pemberian subsidi untuk objek-objek penerima subsidi diharapkan dapat mendorong indikator pembangunan ekonomi seperti pertumbuhan ekonomi, tingkat pengangguran dan tingkat kemiskinan. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang telah dilakukan telah memberikan manfaat kepada para siswa SMA Negeri 3 Samarinda. Para siswa menjadi lebih memahami mengenai ekonomi pembangunan, mulai dari dasar dasar ekonomi makro, ekonomi mikro, ekonomi moneter dan pertumbuhan ekonomi. Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini telah berjalan sesuai dengan jadwal yang telah direncanakan. Rekomendasi yang dapat di berikan kepada SMA Negeri 3 Samarinda yaitu kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan secara reguler dan berkala, dengan melihat tingkat antusiasme para siswa yang sangat tinggi akan materi-materi mengenai ekonomi.


Keywords


Ekonomi Pembangunan

Full Text:

PDF

References


Adi Nugroho. (2009). Analisis Pengaruh Pajak Daerah dan Retribusi Daerah terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten /Kota di Provinsi Jawa Tengah Periode 2010-2012.

Adrian Sutawijaya. (2007). Pengaruh ekspor dan Investasi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia tahun 1980-2006, Jurnal Organisasi dan Manajemen, Volume 8, Nomor 2, September 2007.

Rustiono, Dedy. (2008). Analisis Pengaruh Investasi, Tenaga Kerja, dan Pengeluaran Pemerintah Terhadap Pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah Periode Tahun 1985- 2006. Tesis, tidak dipublikasikan. Semarang : Fakultas Ekonomi Undip.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.3.2.239-244.2023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnaldikmas@ung.ac.id