Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajara Bahasa Indonesia Melalui Metode Quantum Di Kelas VIII SMP Negeri 2 Limboto
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abu Ahmad, 2004. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Suryosubrot. B, 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta
Roestiyah N.K 2001. Strat egi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Nanang Hanafiah, Cucu Suhana. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Refika Aditama,
Djojosuroto, Kinayati, 2005. Pendekatan dan Pembelajaran. Jakarta: Nuansa
Hidayat. Nandang, 2003. Meningkatkan Semangat Belajar Melalui Belajar Quantum, Bogor
M. Sobry Sutikno, 2004. Menuju Pendidikan yang Bermutu. Jakarta: Rineka Cipta
N.K Roestiyah,2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rikeka Cipta
Uno. Hamzah B, 2006. Teori Motivasi dan Pengukurannya, Jakarta: PT Bumi Aksara
Porter. De Bobbi dan Hernacki, 1999. Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan, Bogor: Reneka Cipta
Made Pidarta, 2004. Manajemen Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta,
Pupuh Fathurrohman, M. Sobry Sutikno, M. Pd. 2007. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PT. Refika Aditama,
Sanafiah, Faisal, Mulyadi. 1982. Metode Penelitian dan Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional
Soetomo, 1993.Dasar-dasar Interaksi Belajar Mengajar. Surabaya: Usaha Nasional,
Lantari, Sudiati Ni Made. 2009. Penerapan Model Pembelajaran Kuantum dengan Sintaks TANDUR Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas VII2 SMP Laboratorium Undiksha Singaraja Tahun Ajaran 2008/2009. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, Universitas Pendidikan Ganesha
Sanjaya, Wina. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenanda Media Group.
Santyasa, I Wayan. 2007. “Metodologi Penelitian Tindakan Kelas”. Makalah disajikan dalam Workshop tentang Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi Para Guru SMP 2 dan 5 Nusa Penida
Klungkung.Universitas Pendidikan Ganesha.Nusa Penida 30 Nopember-1 Desember 2007.
Sardiman, A.M.2007.Interaksi dan Motivasi Belajar.Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.
Sudjana, Nana. 1987. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Sinar Baru Algensindo.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.
Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Kurikulum KTSP, Kerangka Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Undang-Undang, 2006. Sistem Pendidikan Nasional: Fokusmedia.
Budiningsih, C. Asri. 2006. Belajar dan Pembelajaran, PT. Rineka Cipta, Cet. I.Jakarta
Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Erman Suherman, dkk. 2001. Srategi Belajar Mengajar Kontemporer. Bandung : JICA.
Herman Hudojo. 2005. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Cetakan I. Malang
Nana Sudjana. 1987. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Nana Syaodih Sukmadinata. 2003. Landasan Psikologi Proses Pendidikan-Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ngalim Purwanto. 2003. Psikologi Pendidikan, Bandung: PT Rosdakarya.
Oemar Hamalik. 2008. Proses Belajar Mengajar.Jakarta: PT Bumi-Aksara.
Oemar Hamalik. 2005, Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem, Jakarta: Bumi Aksara.
Pardjono, dkk. 2007. Panduan Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta: LP UNY
Porter. De Bobbi dan Hernacki. 1999. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan
Menyenangkan-Bandung.
Sardiman, A.M, 2006. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar.Jakarta: PT. Grasindo Pusada.
Sardiman, A.M. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta : Rajawali Press.
DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.3.1.183-196.2023
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnaldikmas@ung.ac.id